Materi Online

Rumpun Seleksi Kemampuan Dasar (SKD/TKD)



Tes Kemampuan Oasar (TKD) terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes lnteligensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ada beberapa aspek karakteristik pribadi yang diuji di TKP, seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan untuk beradaptasi, pengendalian diri, semangat untukterus berprestasi, tingkat inisiatif, daya kreativitas dan inovasi, ketekunan, penghargaan terhadap orang lain atau berorientasi pada pelayanan, ketegasan, kepercayaan diri, mampu toleransi, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan senantiasa efisien dalam bekerja.

Pada Tes lnteligensia Umum (TIU) terdapat empat kemampuan penalaran yang diujikan, yaitu penalaran verbal, numerik, logis, dan analitis. Penalaran verbal digunakan untuk mengukur kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis. Penalaran numerik digunakan untuk mengukur kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Ada pun penalaran logis digunakan untuk mengukur kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematik. Sementara penalaran analitis digunakan untuk mengukur kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Bagian terakhir dari TKD adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), isinya adalah menguji pemahaman dalam berbangsa dan bernegara. Terdapat beberapa kompetensi dasar yang diujikan, seperti Pancasila, UndangĀ­Undang Dasar 1945 (UUO 1945), Bhineka Tunggal lka, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pengetahuan tentang NKRI yang dimaksud meliputi sistem tata negara Indonesia, baik pemerintahan pusat dan daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.