Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan TIU SKD Bagian 79

Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TIU SKD bagian 79. Semangat belajar!

  1. Kata-kata yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam wacana di atas adalah ...
    1. Mendata, potensi, menyatakan
    2. Dicatat, kemungkinan, mengungkapkan
    3. Mencatat, berpotensi, mengatakan
    4. Tercatat, mungkin, menyatakan
    5. Mencatat, berpotensi, berkata
    Jawaban : c

    Berdasarkan wacana di atas, kata yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah mencatat, berpotensi, dan mengatakan. Untuk lebih jelasnya bisa dicocokkan pada wacananya.

    Diskusi

  2. Berdasarkan wacana di atas, mengapa wilayah Bengkulu sering mengalami gempa?
    1. Berada di jalur pegunungan berapi yang aktif
    2. Berada di pertemuan lempeng aktif IndoaustraIia
    3. Berada di pertemuan lempeng aktif lndoaustralia dan Eurasia
    4. Memiliki gunung berapi yang masih aktif
    5. Karena adanya getaran vulkanik atau tremor di wilayah Bengkulu
    Jawaban : c

    Berdasarkan informasi pada wacana, wilayah Bengkulu sering mengalami gempa dapat ditemukan pada kalimat terakhir dalam wacana, yaitu "Wilayah Bengkulu yang berada di pertemuan lempeng aktif lndoaustralia dan Eurasia memang kerap dilanda gempa bumi." Jadi, alasannya adalah karena daerah Bengkulu berada di pertemuan lempeng aktif lndoaustralia dan Eurasia sering terjadi gempa bumi.

    Diskusi

  3. Judul yang tepat sesuai dengan isi berita di atas adalah ...
    1. Study Tour Pelajar Purwakarta ke TPAS Cikolotok untuk Belajar Pengelolaan Sampah
    2. Belajar Pengelolaan Sampah, Siswa di Purwakarta Wajib Membersihkan Sekolah
    3. Himbauan Disdikpora Purwakarta untuk Para Pelajar
    4. Himbauan Pejabat Pemda Purwakarta untuk Sekolah-Sekolah
    5. Pelajar di Purwakarta Wajib Bawa Alat Kebersihan Dua Kali Seminggu
    Jawaban : e

    Syarat sebuah judul adalah sesuai tema, singkat, jelas, menarik (provokatif), dan mewakili keseluruhan isi wacana. Judul sebuah wacana bisa berupa kata atau frasa. Kalimat judul yang tepat adalah Pelajar di Purwakarta Wajib Bawa Alat Kebersihan Dua Kali Seminggu.

    Diskusi

  4. Berdasarkan teks di atas, topik yang diangkat adalah tentang ...
    1. Pengelolaan sampah
    2. Himbauan Kepala Disdikpora Purwakarta
    3. Kebersihan lingkungan sekolah
    4. Tugas baru para pelajar di Purwakarta
    5. Study tour ke TPAS Cikolotok
    Jawaban : c

    Penjelasan topik sudah dijelaskan pada pembahasan no.1. Jadi, topik yang mencakup keseluruhan ide wacana tersebut adalah kebersihan lingkungan sekolah.

    Diskusi

  5. Berdasarkan teks di atas, upaya membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari ... terdapat dalam ...
    1. Selasa dan Jumat, paragraf 1 kalimat ke-6
    2. Senin dan Rabu, paragraf 2 kalimat ke-7
    3. Senin dan Kamis, paragraf 1 kalimat ke-4
    4. Jumat dan Sabtu, paragraf 2 kalimat ke-9
    5. Selasa dan Kamis, paragraf 1 kalimat ke-8
    Jawaban : e

    Berdasarkan informasi pada wacana, upaya membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis terdapat dalam paragraf 1 kalimat ke-8, yaitu "jadwalnya setiap hari Selasa dan Kamis. Sebelum masuk sekolah, mereka bersih-bersih lingkungan sekitar sekolah terrnasuk ruas jalan."

    Diskusi


  6. Apa tujuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta mengikutsertakan pelajar untuk mengelola kebersihan di sekolah?
    1. Memudahkan pekerjaan para pemungut sampah
    2. Belajar mengelola sampah di sekitar lingkungan sekolah
    3. Melibatkan pelajar dalam penanganan kebersihan sekolah
    4. Membantu pekerjaan petugas kebersihan sekolah
    5. Menumbuhkan cinta kebersihan pada lingkungan sekolah
    Jawaban : c

    Berdasarkan informasi pada wacana, tujuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta mengikutsertakan pelajar untuk mengelola kebersihan di sekolah adalah melibatkan pelajar dalam penanganan kebersihan sekolah, hal tersebut dapat dicermati pada kutipan wacana paragraf 1 kalimat ke-2. yaitu "Tujuannya, agar terlibat dalam penanganan kebersihan di lingkungan sekolah."

    Diskusi

  7. Kalimat sumbang dalam teks tersebut ditunjukkan dalam ...
    1. Paragraf 1 kalimat ke-6
    2. Paragraf 2 kalimat ke-6
    3. Paragraf 1 kalimat ke-4
    4. Paragraf 2 kalimat ke-3
    5. Paragraf 1 kalimat ke-7
    Jawaban : d

    Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung bahkan bertolak belakang dengan kalimat utamanya (topik atau isi bacaan). Kalimat sumbang dalam suatu paragraf dapat ditentukan dengan cara:

    1. Baca keseluruhan paragraf dan tentukan gagasan utama, tema, atau topik paragraf terlebih dahulu.
    2. Cari kalimat penjelas yang tidak mendukung dan mempunyai sifat berkebalikan dengan gagasan utama.

    Jadi, kalimat sumbang dalam wacana di atas ditemukan dalam paragraf 2 kalimat ke-3, yaitu kalimat "Pelajar di Purwakarta menyukai kebersihan sehingga menyetujui usulan tersebut meskipun sempat mendapat protes dari para orang tua."

    Diskusi

  8. Tema yang tepat berdasarkan wacana di atas adalah ...
    1. Liburan sekolah
    2. Liburan bagi anak-anak
    3. Cara tepat mengisi liburan sekolah
    4. Keuntungan dan kerugian berlibur sekolah bagi anak-anak
    5. Dampak buruk ajak liburan dengan bolos sekolah
    Jawaban : b

    Terna adalah ide pokok suatu paragraf atau wacana yang bersifat khusus atau lebih spesifik. Terna yang sesuai dengan wacana di atas adalah liburan bagi anak-anak karena di wacana tersebut dijelaskan cara tepat rnengisi liburan, rnanfaat liburan, dan darnpak buruk dari rnernbolos untuk liburan.

    Diskusi

  9. Bagaimana cara menyiasati liburan anak-anak agar siap dengan keadaan belajar yang baru?
    1. Menyisakan 3-4 hari di akhir liburan di rumah saja
    2. Membelikan peralatan sekolah yang baru
    3. Membawakan buku cerita yang disukai saat berlibur
    4. Mengajak anak menikmati liburan di pedesaan
    5. Mengajak liburan ke tempat wisata yang jauh
    Jawaban : a

    Berdasarkan informasi pada wacana, cara menyiasati liburan anak-anak agar siap dengan keadaan belajar yang baru adalah dengan menyisakan 3-4 hari di akhir liburan di rumah saja. Hal ini dapat dilihat pada kutipan-kutipan berikut ini: "Misalnya saja libur selama dua minggu, sisakan 3-4 hari untuk anak bisa beristirahat di rumah." (paragraf 1 kalimat 7).

    Diskusi

  10. Berdasarkan teks di atas, salah satu penyebab terganggunya proses belajar anak di tingkat TK dan SD adalah ...
    1. Waktu liburan yang terlalu lama
    2. Bolos sekolah demi liburan
    3. Waktu liburan yang diisi dengan pekerjaan rumah
    4. Tempat berlibur yang tidak edukatif
    5. Menggunakan seluruh waktu liburan dengan kegiatan di luar rumah
    Jawaban : b

    Berdasarkan informasi pada wacana, salah satu penyebab terganggunya proses belajar anak di tingkat TK dan SD adalah bolos sekolah demi liburan. Hal ini dapat dilihat pada paragraf 3 kalimat 1 "Sebuah penelitian yang dilakukan Departemen Pendidikan di lnggris menemukan bahwa sengaja mengajak anak berlibur dengan membolos dari sekolah dapat memicu dampak buruk pada proses belajar anak."

    Diskusi

Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TIU SKD bagian 79. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.

Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.

Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP











Soal Deret Angka klik disini

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro