Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan TKP SKD Bagian 86

Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TKP SKD bagian 86. Semangat belajar!

  1. Anda adalah PNS melalui jalur CPNS resmi suatu instansi yang dikepalai kerabat Anda. Belakangan diketahui bahwa ternyata Anda tidak lulus dan orang tua menggunakan jalur belakang untuk meluluskan Anda. Padahal selama ini Anda selalu aktif memerangi korupsi kolusi dan nefotisme di perusahaan kementrian anda, sikap anda
    1. Menyesali perbuatan dengan bersedekah membantu korban bencana dan aktif di organisasi kemanusiaan
    2. Menasehati orang tua dan melaporkan pada pihak berwenang
    3. Mengakui kecurangan orang tuadi depan semua orang, dan menunggu keputusan instansi
    4. Menyesali perbuatan, tetap tenang dan tidak gegabah karena sulit memecat PNS
    5. Meminta maaf dan melapor ke pihak berwenang
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : b
    • Poin 3 : e
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : a
  2. Siang ini anda menerima panggilan untuk proses rekrutment pada sebuah perusahaan. Ketika anda berangkat untuk mengikuti rekrutment tersebut di tengah perjalanan anda melihat kerumunan orang di pinggir jalan dan ternyata telah terjadi kecelakaan dengan korban tabrak lari , sedangkan anda harus sesegera mungkin sampai diperusahaan untuk memulai seleksi, maka sikap anda
    1. Tetap melanjutkan perjalanan untuk tepat waktu mengikuti tes pekerjaan
    2. Mengabaikannya karena harus mengikuti tes yang akan dimulai sebentar lagi
    3. Tetap melanjutkan perjalanan setelah yakin ada orang lain yang menolong
    4. Menolongnya, kemudian membawanya ke rumah sakit atau kantor polisi
    5. Mengejar pelaku tabrak lari dan memintanya untuk bertanggung jawab atas perbuatannya
    Jawaban : a
    • Poin 5 : a
    • Poin 4 : b
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : e
  3. Karena terjadinya beberapa permasalahan di perusahaan anda yang mengakibatkan terjadinya penurunan financial. Hal ini tentu saja berdampak bagi kelangsungan seluruh komponen perusahaan termasuk karyawan, apa yang akan anda lakukan
    1. Tetap bekerja dengan baik seperti hari hari sebelumnya
    2. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja
    3. Mempelajari hal yang mungkin jadi penyebab penurunan tersebut
    4. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dari atasan dan kebijakan perusahaan
    5. Tetap bertahan di perusahaan dan miminta perusahaan mencari jalan keluar
    Jawaban : b
    • Poin 5 : b
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : a
    • Poin 2 : e
    • Poin 1 : d
  4. Anda seorang karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari anda dihadapkan dengan pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yang sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan
    1. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil sebisanya
    2. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
    3. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja untuk dikerjakan besok
    4. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak
    5. Membawa tugas tersebut ke rumah dan mengerjakannya dirumah sampai larut malam
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : a
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : c
    • Poin 1 : e
  5. Anda bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran besar di ibu kota. Ketika restoran sedang ramai, tiba-tiba saudara anda datang meminta tolong kepada anda untuk mengantarkan ke bandara, karena tidak ada yang bisa mengantarkannya, Sikap anda....
    1. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara Anda ke bandara
    2. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara anda ke bandara karena tidak ada yg bisa mengantarkan
    3. Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai
    4. Meminta saudara Anda untuk menunggu karena restoran ramai dan mengantarkan ke bandara setelah restoran sepi
    5. Meminta teman untuk mengantarkan saudara anda ke bandara karena restoran ramai sehingga anda tidak dapat mengantarkan sendiri
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : e
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a

  6. Anda baru saja menyelesaikan pendidikan sarjana anda disebuah universitas luar negeri. Setelah lulus anda berkeinginan untuk membuka usaha sendiri di bidang properti. Namun setelah anda mengutarakan dan meyakinkan hal tersebut kepada keluarga anda berkali kali mereka tidak memberikan dukungan dan meminta anda untuk mencoba melamar di perusahaan sedangkan anda sendiri lebih suka pekerjaan yang bebas tanpa harus diatur orang dan pekerjaan yang tidak bersifat rutinitas setiap harinya, sikap anda
    1. Mengikuti saran orang tua dan mengurungkan niat anda untuk berwirausaha
    2. Meminta orang tua mau mendukung keinginan anda
    3. Meyakinkan orang tua jika anda bisa sukses dengan berwirausaha
    4. Tetap fokus dengan keinginan karena anda menyukainya dan sesuai passion anda
    5. Memantapkan diri Anda sendiri dan fokuslah mengelola bisnis dengan baik
    Jawaban : e
    • Poin 5 : e
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a
  7. Anda merupakan karyawan baru pada sebuah perusahaan. Karena masih dalam masa percobaan gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada anda biasanya sangat pas pasan untuk kebutuhan sehari hari. Belum lagi setiap minggunya pacar anda sering mengajak untuk nonton. Kondisi ini diperburuk lagi anda termasuk orang yang lumayan boros sehingga terkadang, pengeluaran anda lebih besar dari pemasukannya, sikap anda
    1. Berusaha sekuat tenaga untuk berhemat agar gaji cukup untuk tiap bulan
    2. Mengurangi aktivitas nonton bersama pacar anda dan nonton televisi saja yang murah
    3. Menghemat pengeluaran dan membeli hal yang dibutuhkan saja
    4. Membuat perencanaan, untuk mengontrol keuangan
    5. Berhemat dan menabung setiap habis gajian
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : a
    • Poin 1 : b
  8. Anda merupakan seorang waiters pada sebuah restoran. Datang seorang tamu bersama dengan kelurganya untuk makan direstoran anda. Pada saat menu sudah dihidangkan diatas meja dan mulai dinikmati oleh tamu tersebut, kemudian dia memanggil anda dan komplain jika tadi dia minta agar menu yang dia pesan dibikin tidak pedas sama sekali, sikap anda
    1. Meminta maaf dan langsung membuatkan menu baru sesuai pesanan
    2. Minta maaf dan memohon untuk menunggu agar dibuatkan yang baru
    3. Melaporkan kepada bagian dapur yang bertugas memasak
    4. Minta maaf dan melaporkan pada bagian dapur
    5. Minta maaf dan meminta bagian dapur untuk mengganti menu tersebut
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a
  9. Anda akan ditugaskan oleh atasan anda untuk menjadi panitia pameran yang akan memperkenalkan produk produk perusahaan, termasuk menjual beberapa produk untuk melihat respon pembeli. Pameran tersebut akan diikuti oleh banyak perusahaan yang juga memperkenalkan produk meraka ada yang setipe dengan anda dan ada juga yang berbeda, untuk menarik pengunjung apa yang anda lakukan
    1. Memperagakan produk yang berkualitas di estalase agar banyak yang tertarik
    2. Membuat pengunjung nyaman dengan stand anda dengan menyediakan tempat duduk dll
    3. Selalu bersikap ramah terhadap pengunjung yang lewat dan mempersilakan untuk mampir
    4. Membuat konsep stand pameran yang menarik
    5. Membuat stand pameran yang besar agar semua pengunjung bisa muat di stand anda
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : a
    • Poin 1 : e
  10. Anda merupakan seorang kurir yang setiap hari bertugas mengantarkan kiriman barang kerumah pelanggan. Anda tidak tahu isi dari barang yang anda antar tersebut, tugas anda hanya mengantarkan ke alamat. Suatu hari anda dikomplain karena barang yang anda antar keliru. Bagaimana sikap anda
    1. Mendengarkan dan menjelaskan bahwa anda hanya kurir yang tugasnya hanya mengantar barang saja.
    2. Mendengarkan dan memberikan solusi supaya kejadian ini tidak berulang
    3. Mendengarkan dan minta maaf serta bersedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
    4. Mendengarkan saja supaya dia merasa dipahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
    5. Minta maaf, Mendengarkan dan memberitahu ke atasan anda jika ada barang yang keliru via telefon
    Jawaban : e
    • Poin 5 : e
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : a
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : d

Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TKP SKD bagian 86. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.

Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.

Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP











Soal Deret Angka klik disini

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro

20 Tryout Online SKD Premium

1500 Soal SKD
Materi Lengkap TWK, TIU, TKP
Informasi serta Tips & Trik dan masih banyak lainnya

Cuma 49rb, hanya sekali bayar saja

Silahkan kunjungi disini