Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan TWK SKD Bagian 142

Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 142. Semangat belajar!

  1. Piagam Jakarta berisi perlawanan terhadap imperialisme, kapitalisme, fasisme, serta memulai dasar pembentukan Republik Indonesia. Sebelum akhirnya dijadikan sebagai Pembukaan UUD 1945, naskah Piagam Jakarta disusun untuk dijadikan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh panitia yang merumuskannya. Yang merumuskan Piagam Jakarta adalah ...
    1. BPUPKI
    2. PPKI
    3. Muh. Yamin
    4. Panitia kecil
    Jawaban : e

    Panitia sembilan dibentuk pada tanggal 22 Juni 1945. Panitia sembilan beranggotakan Ir. Soekarno, Drs. Muh. Hatta, Mr. AA Maramis, K.H. Wachid Hasyim, Abdul Kahar Muzakkir, Abikusno Tjokrosujoso, H. Agus Salim, Mr. Ahmad Subardjo, dan Mr. Muh. Yamin. 

  2. Peraturan yang ada di negara ini, baik itu yang tertulis maupun tidak tertulis semuanya harus bersumber pada Pancasila, karena Pancasila sebagai ...
    1. Ideologi bangsa
    2. Falsafah bangsa
    3. lnstrumen bangsa
    4. Dasar negara
    5. Cita-cita negara
    Jawaban : d

    Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila menjadi sumber nilai, norma, dan hukum yang bersifat universal yang berlaku di seluruh bagian Indonesia sehingga mengikat kepada seluruh rakyat. Segala peraturan yang ada tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung di Pancasila. 

  3. Kebijakan dunia yang berisi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca tertuang dalam…
    1. Protocol Montreal
    2. The Global Warming Conferency
    3. Konferensi Greenpeace
    4. Protocol Tokyo
    5. Konferensi Lingkungan di Bali
    Jawaban : d

    Protocol Kyoto adalah sebuah amandemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCC), sebuah persetujuan internasional mengenai pemanasan global. Negara-negara yang meratifikasi protocol ini berkomitmen untuk mengurangi emisi atau pengeluaran karbon dioksida dan lima gas rumah kaca lainnya.

  4. Program yang digulirkan pemerintah melalui PMPN Mandiri bertujuan untuk …
    1. Mengembangkan usaha kecil masyarakat
    2. Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat
    3. Mengembangkan desa yang tertinggal
    4. Mendirikan fasilitas umum yang belum terdapat di daerah
    5. Menanggulangi kemiskinan dengan memberdayakan masyarakat
    Jawaban : d

    Untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskian dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mulai tahun 2007. Melalui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme agar penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi.

  5. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tercantum di dalam ...
    1. Pembukaan UUD 1945 alinea kedua
    2. Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
    3. Pembukaan UUD 1945 alinea keempat
    4. Batang tubuh UUD 1945
    5. TAP MPR
    Jawaban : c

    Walaupun tidak secara eksplisit disebutkan kata Pancasila. Namun, pada pembukaan UUD 1945 alinea keempat berbunyi: " ... , maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratanl perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia." 


  6. Kelompok Negara-negara maju yang megadakan pertemuan ekonomi dan politik yang dihadiri oleh pejabat dan kepala Negara lain adalah…
    1. Non Blok
    2. NATO
    3. G20
    4. G8
    5. PBB
    Jawaban : c

    G8 (singkatan dari Group of Eight) adalah koalisi delapan negara termaju di dunia: Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, Amerika Serikat (G6, 1975), Kanada (G7, 1976) dan Rusia (tidak ikut dalam seluruh acara), serta Uni Eropa. Peristiwa terpenting dalam G8 adalah pertemuan ekonomi dan politik tahuan yang dihadiri para kepala Negara dan pejabat-pejabat internasional.

    G-20 atau kelompok 20 ekonomi utama adalah kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Secara resmi G-20 dinamakan The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok ini dibentuk tahun 1999 sebagai forum yang secara sistematis menghimpun kekuatan-kekuatan ekonomi mauju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting prekonomian dunia.

  7. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia melewati proses yang panjang hingga akhirnya sampai pada perumusan final, yaitu pengesahan kontitusional. Pengesahan Pancasila sebagai dasar • negara terjadi pada tanggal ...
    1. 1 Juni 1945
    2. 22 Juni 1945
    3. 17 Agustus 1945
    4. 18 Agustus 1945
    5. 19 Agustus 1945
    Jawaban : d

    Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang dan menghasilkan: 

    1. Menetapkan UUD 1945 sebagai dasar negara. 
    2. Memilih dan mengangkat presiden dan wakit presiden. 
    3. Membentuk Komite Nasional untuk membantu kinerja presiden sebelum MPR dan DPR dibentuk.

    Pembukaan UUD 1945 memuat cita-cita negara yang dijabarkan dalam pasalpasal UUD 1945. Pancasila sebagai dasar negara tidak secara eksplisit disebutkan dalam pembukaan alinea keempat. 

  8. SEA GAMES pada tahun 2011 diselenggarakan di negara …
    1. Singapura
    2. Malaysia
    3. Thailand
    4. Filipina
    5. Indonesia
    Jawaban : e

    Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara 2011 (disingkat SEA Games 2011) direncanakan akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 11-25 November 2011. Kota penyelenggara adalah Bandung sebagai tuan rumah utama, serta Jakarta, Palembang dan Kota Semarang sebagai tuan rumah pendukung.

  9. Dalam kehidupan yang berdasarkan Pancasila, kehidupan bermasyarakat tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, begitu pula dalam hal perekonomian yang harus mengedepankan kepentingan bersama. Hal ini sesuai dengan prinsip Pancasila yaitu sila ...
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
    Jawaban : e

    Prinsip sila kelima adalah keadilan di segala bidang dimana seluruh rakyat Indonesia mendapatkan perlakuan yang adil dalam hal hukum, ekonomi, sosial, dan budaya sehingga keseimbangan antara kehidupan pribadi bermasyarakat dapat terwujud.

  10. Pancasila memenuhi syarat sebagai staats fundamental norm karena tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai staats fundamental norm adalah ...
    1. Pancasila berfungsi untuk memberikan pandangan bagi bangsa lain
    2. Pancasila menjadi sumber hukum tertinggi di Indonesia yang isi dan kedudukannya tidak dapat diubah
    3. Pancasila sebagai peraturan untuk mengatur hidup orang banyak
    4. Pancasila sebagai dasar hukum yang diguakan Indonesia untuk bergaul dengan negara lain
    5. Norma yang berlaku di Indonesia disesuaikan dengan norma-norma yang berlaku di seluruh dunia
    Jawaban : b

    Staats fundamental norm adalah kaidah negara yang fundamental. Dalam hal ini, Pancasila sebagai sumber segala hukum yang ada di Indonesia, kedudukannya berada di tingkatan paling tinggi sehingga tidak dapat diubah. Teori staats fundamental norm dikembangkan oleh Hans Nawiasky bseorang ahli hukum berasal dari Jerman. 

Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 142. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.

Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.

Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP











Soal Deret Angka klik disini

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro

20 Tryout Online SKD Premium

1500 Soal SKD
Materi Lengkap TWK, TIU, TKP
Informasi serta Tips & Trik dan masih banyak lainnya

Cuma 49rb, hanya sekali bayar saja

Silahkan kunjungi disini