Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan TWK SKD Bagian 186

Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 186. Semangat belajar!

  1. Dalam mempertahan kehidupan serta mengupayakan kehidupan yang lebih baik, manusia hidup bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat tersebut perlu dijaga keserasian antara manusia dan ketertiban masyarakat itu sendiri. Untuk itu perlu sikap dan perbuatan ....
    1. Melakukan protes keras jika haknya dilanggar
    2. Pengendalian diri
    3. Tekad yang bulat
    4. Semangat perjuangan yang tinggi
    5. Menghormati hak-hak orang lain
    Jawaban : e

    Dalam hidup bermasyarakat tersebut perlu dijaga keserasian antara manusia dan ketertiban masyarakat itu sendiri. Untuk itu perlu sikap dan perbuatan: Menghormati hak-hak orang lain.

  2. Pemilihan umum merupakan penyerahan hak dari rakyat kepada pemerintah dengan tidak dapat diwakilkan kepada siapapun. Makna pernyataan tersebut sesuai dengan ....
    1. Hak pilih pasif
    2. Asas langsung
    3. Prinsip demokrasi
    4. Hak pilih aktif
    5. Aturan kampanye
    Jawaban : d

    Pemilihan umum merupakan penyerahan hak dari rakyat kepada pemerintah dengan tidak dapat diwakilkan kepada siapapun. Makna pernyataan tersebut sesuai dengan : Hak pilih aktif (hak untuk ikut dalam pemilihan umum).

  3. Indonesia adalah Negara berdasarkan hukum (rechtaad) dan tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (machtaad). Pemerintahannya tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang terbatas). Berdasarkan pernyataan tersebut, Negara Republik Indonesia termasuk menganut sistem ....
    1. Demokrasi liberal
    2. Demokrasi terpimpin
    3. Demokrasi rakyat
    4. Demokrasi konstiusional
    5. Demokrasi parlementer
    Jawaban : c

    Indonesia adalah negara berdasarkan hukum (rechtaad) dan tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (machtaad). Pemerintahannya tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang terbatas). Berdasarkan pernyataan tersebut, Negara Republik Indonesia termasuk menganut sistem: Demokrasi rakyat.

  4. Peraturan Pemerintah No. 66 tahun 1951 tanggal 17 Oktober 1951 mengatur mengenai ....
    1. Lambang Negara RI
    2. Bendera Negara RI
    3. Semboyan RI
    4. Kemerdekaan RI
    5. Bentuk Negara RI
    Jawaban : a

    Ketentuan mengenai Lambang Negara Republik Indonesia tertuang dalam Peraturan pemerintah No. 66 tahun 1951 tanggal 17 Oktober 1951. Lambang Negara RI yaitu Garuda Pancasila.

  5. Pancasila mempunyai nilai-nilai yang dapat berubah sesuai dengan keadaan dan perkembangan zaman. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Pancasila juga memiliki nilai ....
    1. Fundamental
    2. Instrumental
    3. Material
    4. Spiritual
    5. Filsafat
    Jawaban : b

    Pancasila sebagai ideologi terbuka mempunyai nilai-nilai dasar (cita-cita dan tujuan) yang tetap dan tidak akan berubah sepanjang masa, sesuai fungsinya sebagai pandangan hidup bangsa. Namun Pancasila juga mempunyai nilai instrumental (pengembangan dan pengamalan) yang dapat berubah sesuai dengan keadaan dan perkembangan zaman.


  6. Lembaga Negara yang pembentukannya diatur dalam pasal 248 UUD NRI Tahun 1945 adalah ....
    1. MPR
    2. DPR
    3. MA
    4. KY
    5. DPRD
    Jawaban : d

    Komisi Yudisial merupakan lembaga baru di Indonesia yang diatur dalam pasal 248 UUD NRI Tahun 1945. Anggota Komisi Yudisial ini diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR. Komisi Yudisial bersifat mandiri. Adapun MPR diatur dalam pasal 2 dan 3 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. DPR diatur dalam 19-228 UUD NRI 1945 dan MA diatur dalam pasal 24A UUD NRI 1945.

  7. Seluruh warga negara Indonesia wajib membayar pajak tepat waktu. Kewajiban warga negara tersebut dipertegas dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu . ...
    1. Pasal 20
    2. Pasal 20 ayat (1)
    3. Pasal 23A
    4. Pasal 28
    5. Pasal 28A ayat (1)
    Jawaban : c

    Pasal 23A UUD 1945 berbunyi, "Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang" Pasal tersebut menyiratkan bahwa warga negara memiliki kewajiban membayar pajak.

  8. Indonesia mengakui enam agama. Setiap warga negara berhak memeluk salah satu agama tersebut. Kebebeasan warga negara memluk agama sesuai dengan ketentuan ... Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
    1. Pasal 27 ayat (2)
    2. Pasal 27 ayat (3)
    3. Pasal 29 ayat (2)
    4. Pasal 30 ayat (1)
    5. Pasal 31 ayat (1)
    Jawaban : c

    Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 mengatur pelaksanaan hak warga negara dengan memberikan kebebasan dalam beragama, baik memilih agama maupun melaksanakan ibadah menurut agamanya dan kepercayaannya masing-masing.

  9. Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi kewajiban bagi ....
    1. seluruh warga negara Indonesia
    2. seluruh aparat pemerintah
    3. seluruh aparat keamanan
    4. seluruh pegawai negara
    5. seluruh polisi dan TNI
    Jawaban : a

    Menjaga keutuhan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Oleh karena itu, warga negara Indonesia harus mampu melaksanakan kewajibannya sesuai pasal 27 ayat (3) dan pasal 30 ayat (1) UUD 1945 untuk ikut serta dalam upaya bela negara serta mengupayakan keutuhan, keamanan, dan pertahanan NKRI.

  10. Tindakan yang tidak termasuk kewajiban warga negara seperti yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ....
    1. bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup
    2. menghormati hak asasi warga negara
    3. mendapat perlindungan hukum
    4. membayar pajak
    5. menggunakan bahas Indonesia
    Jawaban : c

    Bentuk-bentuk kewajiban warga negara antara lain membayar pajak dan retribusi, menggunakan bahasa Indonesia, bekerja untuk memenuhi kebutuhan, saling menghormati hak asasi warga negara. Mendapat perlindungan hukum merupakan contoh hak warga negara Indonesia.

Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 186. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.

Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.

Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP











Soal Deret Angka klik disini

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro

20 Tryout Online SKD Premium

1500 Soal SKD
Materi Lengkap TWK, TIU, TKP
Informasi serta Tips & Trik dan masih banyak lainnya

Cuma 49rb, hanya sekali bayar saja

Silahkan kunjungi disini