Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan TWK SKD Bagian 188

Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 188. Semangat belajar!

  1. Salah satu sumber hukum formal di Indonesia adalah Yurisprudensi. Yurisprudensi dibentuk oleh ....
    1. Majelis Permusyawaratn Rakyat
    2. hakim
    3. presiden dan wakil presiden
    4. Menteri Kehakiman
    5. Mahkamah Agung
    Jawaban : b

    Yurisprudensi disebut sebagai keputusan hakim atau keputusan pengadilan. Keputusan hakim ini muncul apabila menghadapi suatu perkara yang belum diatur dalam undang-undang sehingga hakim harus menciptakan hukum sendiri. Keputusan yang dihasilkan hakim apabila dianggap adil dan baik akan dipakai hakim lain untuk memutuskan perkara serupa.

  2. Seseorang dijatuhi hukuman penjara selama lima tahun karena mencuri. Sifat hukum yang sesuai dengan kasus ini adalah ....
    1. mengikat
    2. memaksa
    3. mengatur
    4. menggantikan
    5. meliputi semua
    Jawaban : b

    Hukum menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi hukum yang bersifat memaksa dan mengatur. Memaksa, artinya aturan hukum tidak dapat disimpangi (dengan perjanjian) dan harus dilaksanakan atau diikuti oleh tiap-tiap pihak, misalnya ketentuan dalam hukum pidana. Mengatur, artinya aturan hukum yang dapat dikesampingkan apabila para pihak telah membuat peraturan sendiri dalam suatu perjanjian, misalnya perjanjian kerja sama atau jual beli.

  3. Kekuasaan kehakiman di Indonesia diatur dalam ...
    1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002
    2. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003
    3. Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004
    4. Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009
    5. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011
    Jawaban : d

    Kekuasaan kehakiman di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Adapun Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 (kepolisian), Undang-undang Nomor 18 tahun 2003 (advokat), Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 (kejaksaan), dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

  4. Serangkaian tindkan penyelidik untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat tidaknya dilakukan penyidikan menurut cara yang diatur dalam KUHAP disebut ....
    1. Penyidikan
    2. Penyelidikan
    3. Penuntutan
    4. Penahanan
    5. Pemeriksaan
    Jawaban : b

    Berdasarkan pasal 1 butir 5 KUHAP, penyelidikan adalah serangkaian tindakan penyelidik untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat tidaknya dilakukan penyidikan menurut cara yang diatur dalam KUHAP.

  5. Bangsa Indonesia mengakui bahwa kemerdekaan dan kebebasan merupakan hak setiap orang. Pengakuan tersebut tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ....
    1. pertama
    2. kedua
    3. ketiga
    4. keempat
    5. kelima
    Jawaban : a

    Alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi, ".... kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa ...." Alinea pertama ini menunjukkan pengakuan terhadap hak asasi manusia berupa hak kebebasan atau hak kemerdekaan dari segala bentuk penjajahan atau penindasan dari bangsa lain.


  6. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 yang diperkuat dengan diterbitkannya ....
    1. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999
    2. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000
    3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002
    4. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004
    5. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011
    Jawaban : a

    Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 memperkuat kedudukan Komnas HAM.

  7. Tindakan penyidik berupa pengekangan sementara waktu kebebasan tersangka atau terdakwa dengan bukti yang cukup guna kepentingan penyidikan disebut ....
    1. penyidikan
    2. penahanan
    3. penuntutan
    4. penyelidikan
    5. penangkapan
    Jawaban : e

    Sebelum menjalani pemeriksaan di sidang pengadilan seorang tersangka harus melalui proses tertentu mulai penyelidikan, penyidikan (penangkapan dan penahanan), penuntutan, serta pemeriksaan di sidang pengadilan. Adapun penangkapan adalah salah satu tindakan penyidik berupa pengekangan sementara waktu kebebasan tersangka atau terdakwa apabila terdapat cukup bukti guna kepentingan penyidikan.

  8. Pembunuhan anggota kelompok atau yang disebut genosida merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM berat. Apabila tindakan tersebut dilakukan setetloah tahun 2000, pengadilan yang berhak mengadili adalah ....
    1. peradilan umum
    2. pengadilan HAM
    3. pengadilan agama
    4. pengadilan HAM Ad Hoc
    5. pengadilan tata usaha negara
    Jawaban : b

    Kejahatan genosida merupakan bentuk pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia. Kewenangan rnengadili kasus ini ada pada pengadilan HAM. Oleh karena kasus tersebut terjadi setelah tahun 2000. Jika kejahatan tersebut terjadi sebelum tahun 2000, pengadilan yang berwenang mengadili adalah pengadilan HAM Ad Hoc.

  9. Hak-hak yang secara iheren melekat dalam diri manusia dan tanpa hak itu manusia tidak dapat hidup sebagai manusia merupakan definisi hak asasi manusia yang dikemukakan oleh ....
    1. Miriam Budiardjo
    2. Jan Materson
    3. Leon Duguit
    4. Plato
    5. R. Soeroso, S.H
    Jawaban : b

    Menurut Jan Materson, seorang anggota Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang secara iheren melekat dalam diri manusia dan tanpa hak itu manusia tidak dapat hidup sebagai manusia.

  10. Penculikan Aktivis 1997-1998 merupakan salah satu kejahatan HAM. Lembaga yang berwenang menangani yaitu ....
    1. peradilan umum
    2. pengadilan HAM
    3. pengadilan agama
    4. pengadilan HAM Ad Hoc
    5. pengadilan tata usaha negara
    Jawaban : d

    Penculikan Aktivis 1997-1998 merupakan pelanggaran HAM. Kasus ini terjadi sebelum tahun 2000. Oleh karena itu, lembaga yang berwenang mengadili adalah pengadilan HAM Ad Hoc.

Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 188. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.

Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.

Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP











Soal Deret Angka klik disini

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro

20 Tryout Online SKD Premium

1500 Soal SKD
Materi Lengkap TWK, TIU, TKP
Informasi serta Tips & Trik dan masih banyak lainnya

Cuma 49rb, hanya sekali bayar saja

Silahkan kunjungi disini