Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan TWK SKD CPNS - Bagian 213

Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD CPNS - bagian 213. Semangat belajar!

  1. Keterbatasan akses internet untuk para siswa belajar dari rumah selama pandemi telah mendorong seluruh lapisan masyarakat membantu ketersediaan jaringan internet. Hal itu bertujuan agar penyediaan jaringan internet memenuhi tujuan pembelajaran. Langkah tepat untuk mencegah penyalahgunaan akses internet adalah ...

    1. Melatih guru-guru menggunakan gawai berbasis internet
    2. Meningkatkan fasilitas pembelajaran berbasis internet di semua sekolah
    3. Sosialisasi tentang bahaya dan manfaat penggunaan internet
    4. Membimbing para orang tua siswa mengawasi penggunaan internet
    5. Menguatkan pemahaman literasi digital bagi masyarakat
    Jawaban : d

    Soal ini membahas langkah-langkah untuk mencegah penyalahgunaan akses internet di tengah upaya menyediakan jaringan bagi siswa belajar dari rumah selama pandemi. Dalam konteks ini, langkah yang diambil harus mengedukasi masyarakat tentang penggunaan internet yang tepat, terutama bagi siswa, sehingga akses yang disediakan mendukung tujuan pembelajaran tanpa disalahgunakan.

    Mari kita bahas setiap pilihan jawaban:

    1. Melatih guru-guru menggunakan gawai berbasis internet
      Melatih guru untuk menggunakan gawai berbasis internet penting dalam meningkatkan kemampuan mengajar, namun ini tidak berfokus pada pencegahan penyalahgunaan akses internet oleh siswa. Pilihan ini lebih relevan untuk mendukung kelancaran pembelajaran berbasis teknologi, bukan untuk mencegah penyalahgunaan.

    2. Meningkatkan fasilitas pembelajaran berbasis internet di semua sekolah
      Peningkatan fasilitas berbasis internet penting untuk mendukung pembelajaran, tetapi ini tidak secara langsung berkaitan dengan pencegahan penyalahgunaan internet. Fasilitas yang lebih baik dapat mendukung akses, namun pengawasan dan edukasi tetap diperlukan untuk mencegah penggunaan yang tidak sesuai.

    3. Sosialisasi tentang bahaya dan manfaat penggunaan internet
      Ini adalah pilihan yang baik karena memberikan pemahaman kepada siswa tentang dampak positif dan negatif penggunaan internet. Dengan edukasi mengenai bahaya dan manfaat internet, siswa lebih sadar dan bijak dalam menggunakan akses yang tersedia. Namun, pilihan ini bisa lebih efektif jika dikombinasikan dengan bimbingan praktis bagi orang tua.

    4. Membimbing para orang tua siswa mengawasi penggunaan internet
      Ini adalah jawaban yang sangat tepat. Dengan melibatkan orang tua dalam pengawasan, siswa akan lebih terkontrol dalam menggunakan internet di rumah. Orang tua yang terlibat dan teredukasi tentang bagaimana memantau penggunaan internet dapat membantu mencegah penyalahgunaan, terutama dalam konteks pembelajaran di rumah.

    5. Menguatkan pemahaman literasi digital bagi masyarakat
      Literasi digital adalah langkah penting dan relevan untuk jangka panjang. Dengan literasi digital, masyarakat, termasuk siswa, orang tua, dan guru, memahami cara penggunaan internet yang aman dan bijak. Ini sangat efektif dalam mencegah penyalahgunaan akses internet, karena literasi digital mencakup pemahaman tentang keamanan dan etika penggunaan teknologi.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (d) Membimbing para orang tua siswa mengawasi penggunaan internet.
    Pilihan ini berfokus pada pengawasan langsung yang dapat dilakukan di rumah, sehingga akses internet yang disediakan benar-benar digunakan untuk tujuan pembelajaran. Orang tua yang terlibat dapat membantu siswa dalam menggunakan internet secara tepat dan bijak. Meskipun literasi digital dan edukasi tentang bahaya internet juga penting, pengawasan dari orang tua menjadi langkah praktis dan efektif untuk mencegah penyalahgunaan dalam jangka pendek, terutama selama pembelajaran dari rumah.

    Diskusi

  2. Perhatikan perilaku berikut ini!

    1. Menyontek pada saat ujian untuk meraih prestasi.
    2. Membuat berita bohong di media sosial agar terkenal.
    3. Mengunggah ujaran kebencian karena sering mendapat perundungan.
    4. Memberikan informasi palsu karena mendapatkan tekanan.
    5. Mengajak anak-anak untuk menjadi pekerja paruh waktu.

    Berdasarkan perilaku di atas, tindakan yang bertentangan dengan nilai harkat dan martabat kemanusiaan dalam Pancasila ditunjukan oleh nomor ...

    1. 1 dan 2
    2. 2 dan 3
    3. 3 dan 4
    4. 2 dan 5
    5. 4 dan 5
    Jawaban : b

    Soal ini menguji pemahaman tentang perilaku yang bertentangan dengan nilai harkat dan martabat kemanusiaan dalam Pancasila. Nilai-nilai ini tercermin dalam sila kedua, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," yang menekankan pentingnya menghargai martabat setiap individu, berbuat adil, dan bertindak beradab dalam berinteraksi dengan orang lain.

    Mari kita analisis setiap perilaku yang diberikan:

    1. Menyontek pada saat ujian untuk meraih prestasi
      Menyontek bertentangan dengan nilai kejujuran dan integritas, namun ini lebih merujuk pada ketidakjujuran pribadi daripada pelanggaran terhadap harkat dan martabat orang lain. Walaupun tidak etis, ini lebih terkait dengan moral pribadi.

    2. Membuat berita bohong di media sosial agar terkenal
      Membuat berita bohong dapat merusak reputasi orang lain, menyesatkan, dan menyebabkan keresahan sosial. Tindakan ini bertentangan dengan martabat kemanusiaan karena memanipulasi kebenaran demi kepentingan pribadi, yang merendahkan integritas masyarakat.

    3. Mengunggah ujaran kebencian karena sering mendapat perundungan
      Mengunggah ujaran kebencian adalah bentuk pelanggaran terhadap nilai kemanusiaan. Ujaran kebencian merendahkan martabat orang lain, menciptakan ketegangan, dan menyebarkan kebencian yang merusak keharmonisan sosial.

    4. Memberikan informasi palsu karena mendapatkan tekanan
      Memberikan informasi palsu, apapun alasannya, dapat merugikan pihak lain dan menimbulkan konsekuensi yang tidak adil bagi mereka yang terpengaruh. Ini tidak menghormati martabat orang lain karena melibatkan ketidakjujuran yang dapat merugikan orang lain.

    5. Mengajak anak-anak untuk menjadi pekerja paruh waktu
      Mempekerjakan anak-anak untuk bekerja, terutama jika dalam kondisi yang tidak sesuai dengan usia mereka, melanggar hak-hak anak dan bertentangan dengan nilai kemanusiaan. Anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

    Sekarang kita cocokkan dengan pilihan jawaban:

    • a. 1 dan 2
      Menyontek (1) tidak langsung merendahkan martabat orang lain, meskipun berita bohong (2) memang merendahkan integritas sosial. Ini bukan pilihan yang paling tepat.

    • b. 2 dan 3
      Membuat berita bohong (2) dan ujaran kebencian (3) keduanya merendahkan martabat kemanusiaan. Berita bohong merugikan masyarakat secara luas, dan ujaran kebencian merendahkan orang lain secara langsung. Ini adalah jawaban yang tepat.

    • c. 3 dan 4
      Ujaran kebencian (3) dan informasi palsu (4) juga bertentangan dengan nilai kemanusiaan, tetapi pilihan ini tidak mencakup tindakan yang merugikan hak anak seperti di poin 5.

    • d. 2 dan 5
      Membuat berita bohong (2) dan mempekerjakan anak-anak (5) melanggar nilai kemanusiaan karena keduanya merugikan orang lain dan hak-hak mereka. Pilihan ini juga cukup tepat.

    • e. 4 dan 5
      Informasi palsu (4) dan mempekerjakan anak-anak (5) merendahkan martabat dan melanggar hak orang lain. Namun, ini kurang relevan dibandingkan dengan perilaku yang secara langsung menyebabkan ketegangan sosial, seperti ujaran kebencian.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (b) 2 dan 3.
    Membuat berita bohong dan mengunggah ujaran kebencian keduanya bertentangan dengan nilai kemanusiaan yang menekankan pada penghormatan terhadap martabat orang lain. Berita bohong dapat menyesatkan publik dan merusak keharmonisan sosial, sementara ujaran kebencian menumbuhkan kebencian dan merendahkan martabat orang yang dituju. Kedua tindakan ini tidak sejalan dengan prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab dalam Pancasila.

    Diskusi

  3. Hubungan antara india dan Pakistan sering mengalami gangguan karena persoalan perbatasan di Kashmir. Sejalan dengan politik luar negeri Indonesia, peran apakah yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia?

    1. Memihak kepada salah satu pihak yg dianggap pada posisi yang benar
    2. Membiarkan hal itu terjadi karena menyangkut hubungan bilateral kedua negara
    3. Aktif mendorong untuk dapat dicapainya solusi damai di antara kedua negara
    4. Meminta kepada PBB untuk turun tangan menyelesaikan persoalan tersebut
    5. Memberi sanksi kepada kedua negara karena mengganggu stabilitas wilayah
    Jawaban : c

    Soal ini membahas peran Indonesia dalam menyikapi konflik perbatasan antara India dan Pakistan di wilayah Kashmir, sesuai dengan prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. Politik luar negeri Indonesia mengedepankan perdamaian, kerjasama internasional, dan sikap netral, serta sering terlibat dalam upaya mediasi dan penyelesaian konflik secara damai.

    Mari kita analisis setiap pilihan jawaban:

    1. Memihak kepada salah satu pihak yang dianggap pada posisi yang benar
      Sikap ini tidak sesuai dengan prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. Memihak satu pihak dalam konflik dapat memperburuk situasi dan bertentangan dengan peran Indonesia yang sering menjadi mediator dan pendorong perdamaian.

    2. Membiarkan hal itu terjadi karena menyangkut hubungan bilateral kedua negara
      Membiarkan konflik tanpa berusaha mendorong perdamaian tidak sejalan dengan semangat aktif dalam politik luar negeri Indonesia. Indonesia sering terlibat dalam upaya perdamaian internasional, sehingga membiarkan konflik berlangsung tidak mencerminkan peran aktif tersebut.

    3. Aktif mendorong untuk dapat dicapainya solusi damai di antara kedua negara
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. Indonesia, sesuai dengan politik luar negeri bebas aktif, dapat berperan sebagai pendorong untuk mencapai solusi damai antara India dan Pakistan. Indonesia sering menjadi mediator dan mendukung upaya perdamaian di berbagai konflik internasional, termasuk dalam peranannya di ASEAN dan forum internasional lainnya. Sikap ini sejalan dengan upaya menciptakan stabilitas dan perdamaian dunia.

    4. Meminta kepada PBB untuk turun tangan menyelesaikan persoalan tersebut
      Meskipun meminta PBB terlibat dapat dilakukan, langkah ini kurang mencerminkan peran aktif Indonesia secara langsung dalam mendorong perdamaian. Peran Indonesia yang bebas dan aktif lebih berfokus pada partisipasi langsung, misalnya dengan menjadi mediator atau fasilitator dialog.

    5. Memberi sanksi kepada kedua negara karena mengganggu stabilitas wilayah
      Indonesia tidak memiliki wewenang untuk memberi sanksi kepada negara lain dan tindakan ini juga bertentangan dengan prinsip politik luar negeri Indonesia yang mengutamakan dialog dan perdamaian, bukan penghukuman atau konfrontasi.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (c) Aktif mendorong untuk dapat dicapainya solusi damai di antara kedua negara.
    Peran ini mencerminkan prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, yang mengutamakan diplomasi dan solusi damai dalam menyelesaikan konflik. Dengan mendorong solusi damai, Indonesia dapat membantu menjaga stabilitas kawasan Asia Selatan dan berkontribusi pada upaya perdamaian global, sesuai dengan tujuan dan prinsip Pancasila serta UUD 1945 dalam menciptakan perdamaian dunia.

    Diskusi

  4. Indonesia dianugerahi kekayaan yang tidak hanya terbatas pada alam tetapi juga keragaman budaya, suku, bahkan agama oleh sang pencipta. Dalam kerangka mempertahankan anugerah budaya tersebut, perilaku yang dapat dilakukan oleh warga Negara Indonesia adalah ...

    1. Menghormati budaya yang ada di masyarakat dengan segala kelebihan dan kekurangannya
    2. Membuang jauh-jauh tradisi yang sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman
    3. Menyukai budaya luar negeri yang baik-baik untuk diterapkan dan dilakukan di Indonesia
    4. Meyakini bahwa budaya sendiri paling benar sehingga tidak perlu budaya orang lain
    5. Fokus terhadap teknologi dan meninggalkan budaya yang tidak mau menerima teknologi
    Jawaban : a

    Soal ini menanyakan perilaku yang tepat untuk mempertahankan dan menghargai kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Indonesia dikenal dengan keragaman budayanya, dan mempertahankan keragaman ini adalah bagian dari upaya menjaga identitas nasional dan menghormati anugerah budaya yang ada. Nilai Pancasila, terutama sila ketiga, yaitu "Persatuan Indonesia," menekankan pentingnya kebersamaan dan penghargaan terhadap perbedaan.

    Mari kita analisis setiap pilihan jawaban:

    1. Menghormati budaya yang ada di masyarakat dengan segala kelebihan dan kekurangannya
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. Menghormati budaya menunjukkan sikap menghargai keragaman dan menerima perbedaan. Mengakui kelebihan dan kekurangan budaya yang ada merupakan bentuk toleransi dan keterbukaan. Sikap ini membantu mempertahankan anugerah budaya Indonesia, karena menciptakan kesadaran untuk menjaga dan merawat tradisi yang ada.

    2. Membuang jauh-jauh tradisi yang sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman
      Membuang tradisi bukanlah cara yang bijak untuk mempertahankan budaya. Meskipun beberapa tradisi mungkin perlu disesuaikan, tidak berarti tradisi tersebut harus dihilangkan. Sebaliknya, upaya yang perlu dilakukan adalah memperbarui atau menyesuaikan tradisi tanpa menghilangkan nilai-nilai inti budaya.

    3. Menyukai budaya luar negeri yang baik-baik untuk diterapkan dan dilakukan di Indonesia
      Mengapresiasi budaya luar memang tidak salah, namun perilaku ini tidak relevan dengan tujuan mempertahankan kekayaan budaya Indonesia. Fokus utama adalah menjaga budaya lokal, bukan mengadopsi budaya luar yang baik sekalipun.

    4. Meyakini bahwa budaya sendiri paling benar sehingga tidak perlu budaya orang lain
      Keyakinan ini cenderung eksklusif dan tidak mencerminkan sikap saling menghormati. Menganggap budaya sendiri paling benar dan menolak budaya lain tidak sesuai dengan semangat kebhinekaan dan dapat menghambat pemahaman serta apresiasi terhadap keberagaman.

    5. Fokus terhadap teknologi dan meninggalkan budaya yang tidak mau menerima teknologi
      Meskipun teknologi penting, mengabaikan budaya yang dianggap tidak relevan dengan teknologi tidak mendukung upaya mempertahankan kekayaan budaya. Fokus pada teknologi seharusnya bisa berjalan beriringan dengan pelestarian budaya.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (a) Menghormati budaya yang ada di masyarakat dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
    Dengan menghormati budaya yang ada, kita menjaga dan merawat kekayaan budaya Indonesia yang beragam. Sikap ini sesuai dengan prinsip Pancasila dan merupakan upaya nyata dalam mempertahankan warisan budaya, yang berkontribusi pada identitas nasional dan kerukunan dalam masyarakat. Menghargai perbedaan budaya, menerima kekurangan dan kelebihannya, serta menjaga tradisi adalah cara untuk menghormati anugerah budaya yang ada di Indonesia.

    Diskusi

  5. Di lingkungan yang multikultural sering terdengar perbincangan yang diwarnai logat khas daerah masing-masing. Pemaknaan atas peristiwa tersebut dalam kerangka bhineka tunggal ika adalah ...

    1. Tiap-tiap budaya memiliki kekayaan berbahasa yang diapresiasi
    2. Keragaman logat perbincangan menjadi kekayaan untuk saling memahami
    3. Perlu logat bahasa standar agar Indonesia menjadi satu aksi berbahasa
    4. Perbincangan yang menjadi cerminan multikultural tersebut bisa menjadi aset nasional
    5. Lingkungan multikultural rentan praktik perundungan karena ada yang dianggap orang kampung
    Jawaban : b

    Soal ini menanyakan tentang pemaknaan penggunaan logat khas daerah dalam percakapan di lingkungan multikultural dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu." Konsep ini mencerminkan sikap menghargai perbedaan dalam kesatuan, termasuk dalam hal budaya dan bahasa.

    Mari kita bahas setiap pilihan jawaban:

    1. Tiap-tiap budaya memiliki kekayaan berbahasa yang diapresiasi
      Ini adalah jawaban yang baik karena menunjukkan bahwa perbedaan logat bahasa merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang harus dihargai. Mengapresiasi logat bahasa yang berbeda mencerminkan sikap menghargai keberagaman budaya dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

    2. Keragaman logat perbincangan menjadi kekayaan untuk saling memahami
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. Logat khas daerah merupakan bentuk kekayaan budaya yang memungkinkan orang dari latar belakang berbeda untuk saling mengenal dan memahami. Sikap saling memahami ini adalah inti dari Bhinneka Tunggal Ika, di mana perbedaan tidak dilihat sebagai penghalang, tetapi sebagai sesuatu yang dapat memperkaya interaksi antarindividu.

    3. Perlu logat bahasa standar agar Indonesia menjadi satu aksi berbahasa
      Pernyataan ini tidak sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Standarisasi logat tidak diperlukan dalam konteks ini karena akan menghilangkan kekayaan budaya dan keragaman yang ada. Indonesia justru menerima perbedaan logat sebagai bagian dari identitas yang beragam.

    4. Perbincangan yang menjadi cerminan multikultural tersebut bisa menjadi aset nasional
      Pernyataan ini benar, namun terlalu umum. Meski perbincangan yang beragam bisa menjadi aset nasional, jawaban ini tidak secara langsung menunjukkan aspek saling memahami dan apresiasi yang terkait dengan Bhinneka Tunggal Ika.

    5. Lingkungan multikultural rentan praktik perundungan karena ada yang dianggap orang kampung
      Pernyataan ini tidak sesuai dan bertentangan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Lingkungan multikultural seharusnya mendorong sikap saling menghargai dan mencegah adanya perundungan atau diskriminasi berdasarkan logat atau latar belakang daerah.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (b) Keragaman logat perbincangan menjadi kekayaan untuk saling memahami.
    Pilihan ini mencerminkan pemahaman bahwa logat khas daerah bukan sekadar perbedaan, tetapi bagian dari kekayaan budaya yang memungkinkan saling pengertian dan penghargaan. Dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, keragaman logat menjadi jembatan untuk mempererat persatuan dan mencerminkan sikap saling menghormati di tengah perbedaan.

    Diskusi


  6. Mendengarkan musik adalah bagian dari HAM. Seorang anak muda memutar musik kesukaannya secara keras hingga mengganggu tetangganya yang sedang istirahat. Pemuda tersebut telah mendapat teguran, tetapi menolak dengan alasan HAM. Tindakan pemuda ini bertentangan dengan pelestarian nilai Pancasila karena ...

    1. Pemenuhan HAM tidak boleh menggangu HAM orang lain
    2. Menggangu selera musik orang lain yang berbeda
    3. Hak asasi merupakan kebebasan individu yang mutlak
    4. Memilih musik merupakan bagian dari hak setiap orang
    5. Tidak sesuai dengan selera musik orang lain
    Jawaban : a

    Soal ini menyoroti tentang batasan dalam pelaksanaan Hak Asasi Manusia (HAM) dan bagaimana pelaksanaannya seharusnya tetap menghormati hak orang lain, sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, terutama sila kedua, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab." Sila ini menggarisbawahi pentingnya saling menghormati antarindividu dan berperilaku adil serta beradab dalam masyarakat.

    Mari kita bahas setiap pilihan jawaban:

    1. Pemenuhan HAM tidak boleh menggangu HAM orang lain
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. HAM seseorang, seperti menikmati musik, tidak boleh dilaksanakan dengan cara yang mengganggu hak orang lain, misalnya hak untuk beristirahat. Pelaksanaan HAM harus mempertimbangkan lingkungan sosialnya dan tidak mengabaikan hak orang lain, yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila tentang saling menghormati dan menjaga kepentingan bersama.

    2. Menggangu selera musik orang lain yang berbeda
      Pernyataan ini kurang relevan. Persoalannya bukan tentang selera musik, melainkan tentang kebisingan yang mengganggu hak tetangga untuk beristirahat. Ini tidak secara langsung menyoroti aspek HAM dan pelaksanaan Pancasila.

    3. Hak asasi merupakan kebebasan individu yang mutlak
      Pernyataan ini keliru. Hak asasi manusia bukan kebebasan yang mutlak; pelaksanaan HAM selalu dibatasi oleh kewajiban untuk menghormati hak orang lain. Ini adalah prinsip dasar yang juga sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, terutama dalam menjaga keharmonisan dalam masyarakat.

    4. Memilih musik merupakan bagian dari hak setiap orang
      Pernyataan ini benar, namun tidak menjawab masalah utama tentang bagaimana pelaksanaan hak tersebut seharusnya tidak mengganggu orang lain. Kebebasan untuk memilih musik memang merupakan hak, tetapi pemuda tersebut seharusnya tetap memperhatikan hak tetangganya.

    5. Tidak sesuai dengan selera musik orang lain
      Pernyataan ini kurang relevan. Masalah utamanya bukan tentang selera musik yang berbeda, melainkan tentang hak untuk beristirahat yang terganggu oleh kebisingan musik yang diputar dengan volume tinggi.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (a) Pemenuhan HAM tidak boleh menggangu HAM orang lain.
    Pilihan ini mencerminkan prinsip dasar HAM yang menghormati hak orang lain. Pelaksanaan hak pribadi, seperti mendengarkan musik, harus dilakukan dengan memperhatikan kenyamanan dan hak orang di sekitarnya. Tindakan pemuda tersebut bertentangan dengan nilai Pancasila karena ia mengabaikan hak tetangganya untuk beristirahat. Dalam kerangka Pancasila, setiap warga negara diharapkan menjalankan haknya secara bertanggung jawab, dengan tetap menjaga harmoni dan menghormati hak orang lain di lingkungan sekitarnya.

    Diskusi

  7. Salah satu pergerakan untuk mencapai kemerdekaan diwarnai oleh lahirnya Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhudi di Solo pada 1911. Gerakan ini berusaha membangun kekuatan serta persatuan bangsa melalui penguatan dalam bidang ...

    1. Ekonomi melalui perlindungan pengusaha lokal agar mampu bersaing dengan pengusaha non lokal
    2. Kebudayaan melalui pengembangan keseniaan daerah agar mampu mengharumkan nama baik Indonesia
    3. Pendidikan melalui pengajaran serta menjadi pemantik persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
    4. Keagamaan yang memobilitasi gerakan rakyat dengan dasar keyakinan pada nilai-nilai Ketuhanan
    5. Politik melalui pengembangan kebijakan yang berpihak masyarakat lokal dibanding masyarakat non lokal
    Jawaban : a

    Soal ini menguji pemahaman tentang peran Sarekat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh Haji Samanhudi pada tahun 1911. Gerakan ini berfokus pada penguatan ekonomi sebagai upaya untuk memperjuangkan kepentingan bangsa Indonesia dalam menghadapi dominasi ekonomi kolonial, khususnya dari para pedagang asing.

    Mari kita analisis setiap pilihan jawaban:

    1. Ekonomi melalui perlindungan pengusaha lokal agar mampu bersaing dengan pengusaha non lokal
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. SDI awalnya didirikan untuk melindungi dan mendukung para pedagang pribumi agar dapat bersaing dengan pengusaha non-pribumi, terutama pedagang Tionghoa yang saat itu menguasai sektor perdagangan. SDI bertujuan untuk meningkatkan kekuatan ekonomi rakyat Indonesia sebagai upaya membangun persatuan bangsa. Gerakan ini mencerminkan upaya ekonomi untuk memberdayakan pengusaha lokal dan memperkuat posisi ekonomi bangsa.

    2. Kebudayaan melalui pengembangan kesenian daerah agar mampu mengharumkan nama baik Indonesia
      Pilihan ini kurang tepat, karena tujuan utama SDI bukan untuk pengembangan kebudayaan atau kesenian, melainkan untuk melindungi kepentingan ekonomi rakyat pribumi dalam perdagangan dan menggalang persatuan di bidang ekonomi.

    3. Pendidikan melalui pengajaran serta menjadi pemantik persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
      Meskipun pendidikan merupakan aspek penting dalam pergerakan nasional, tujuan utama SDI bukan pada pendidikan, melainkan pada penguatan ekonomi rakyat. Gerakan pendidikan lebih banyak dilakukan oleh organisasi seperti Taman Siswa, yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara.

    4. Keagamaan yang memobilitasi gerakan rakyat dengan dasar keyakinan pada nilai-nilai Ketuhanan
      Walaupun Sarekat Dagang Islam memiliki kata "Islam" dalam namanya, fokus utamanya adalah ekonomi, bukan gerakan keagamaan. SDI bertujuan untuk memperkuat pedagang pribumi secara ekonomi, bukan untuk memobilisasi rakyat berdasarkan agama.

    5. Politik melalui pengembangan kebijakan yang berpihak masyarakat lokal dibanding masyarakat non lokal
      Gerakan SDI tidak dimulai sebagai gerakan politik. Fokus utama gerakan ini adalah ekonomi, meskipun akhirnya berkembang menjadi organisasi politik ketika menjadi Sarekat Islam (SI). Namun, tujuan utamanya tetap pada perlindungan dan pemberdayaan ekonomi rakyat pribumi.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (a) Ekonomi melalui perlindungan pengusaha lokal agar mampu bersaing dengan pengusaha non lokal.
    Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan untuk melindungi kepentingan ekonomi para pedagang pribumi dari persaingan dengan pedagang asing, terutama dari etnis Tionghoa yang saat itu memiliki kekuatan ekonomi lebih besar. Dengan memperkuat ekonomi rakyat lokal, SDI berupaya membangun persatuan bangsa dalam menghadapi tekanan ekonomi kolonial. Gerakan ini mencerminkan awal kebangkitan nasional dalam aspek ekonomi dan menjadi inspirasi bagi perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

    Diskusi

  8. Penggunaan berita bohong di masa kampanye pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 telah membelah kesatuan bangsa yang memiliki keragaman latar belakang. Sebagai seorang warga negara Indonesia yang memiliki literasi teknologi dan informasi tinggi upaya yang tepat untuk menghentikan berita bohong tersebut adalah ...

    1. Membuat konten informasi tandingan
    2. Membiarkan berita bohong tersimpan dalam telepon pintar
    3. Mempermalukan penyebaran berita bohong di depan masyarakat
    4. Menghentikan penyebaran berita bohong mulai dari diri sendiri
    5. Mengkritisi pemerintah agar memperketat penggunaan media sosial
    Jawaban : d

    Soal ini menguji pemahaman tentang sikap yang tepat dalam menghadapi penyebaran berita bohong, terutama pada saat kampanye pemilu, yang dapat memecah belah persatuan bangsa. Sebagai warga negara yang memiliki literasi teknologi dan informasi yang baik, seseorang diharapkan dapat berperan aktif dalam menghentikan penyebaran hoaks secara bijaksana dan efektif.

    Mari kita bahas setiap pilihan jawaban:

    1. Membuat konten informasi tandingan
      Membuat konten yang benar untuk melawan hoaks bisa menjadi langkah baik, tetapi tidak selalu efektif. Konten tandingan perlu dibuat dengan cara yang objektif dan tidak menimbulkan konflik tambahan. Namun, ini tidak sepenuhnya menghentikan penyebaran hoaks dari sumber asli, hanya menambahkan perspektif baru.

    2. Membiarkan berita bohong tersimpan dalam telepon pintar
      Membiarkan berita bohong tanpa tindakan apa pun bukanlah solusi yang tepat. Tindakan ini justru memungkinkan hoaks tetap tersebar dan mungkin dibaca oleh orang lain yang tidak memahami bahwa itu adalah informasi palsu. Sikap pasif tidak membantu mengatasi masalah hoaks di masyarakat.

    3. Mempermalukan penyebaran berita bohong di depan masyarakat
      Mempermalukan orang yang menyebarkan hoaks bukanlah langkah yang bijak dan bisa menyebabkan konflik atau ketegangan sosial. Ini bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila yang mengajarkan sikap sopan dan menghormati orang lain, meskipun berbeda pendapat.

    4. Menghentikan penyebaran berita bohong mulai dari diri sendiri
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. Sebagai orang yang memiliki literasi teknologi tinggi, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan diri sendiri tidak menjadi bagian dari penyebaran hoaks. Dengan menghentikan penyebaran dari diri sendiri, seseorang ikut berperan dalam memutus rantai hoaks dan menjaga persatuan bangsa. Sikap ini juga sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang mendukung persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat yang beragam.

    5. Mengkritisi pemerintah agar memperketat penggunaan media sosial
      Meskipun mengkritisi pemerintah untuk memperketat penggunaan media sosial dapat menjadi langkah positif dalam jangka panjang, ini tidak serta merta menghentikan penyebaran hoaks. Tindakan pribadi yang dapat dilakukan segera dan langsung berdampak adalah memulai dari diri sendiri untuk tidak menyebarkan berita bohong.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (d) Menghentikan penyebaran berita bohong mulai dari diri sendiri.
    Dengan menghentikan penyebaran hoaks dari diri sendiri, setiap individu dapat berkontribusi untuk menjaga persatuan bangsa dan mengurangi dampak negatif dari berita palsu yang dapat memecah belah masyarakat. Langkah ini sesuai dengan sikap tanggung jawab dan literasi informasi yang baik, serta sejalan dengan prinsip Pancasila yang mengutamakan persatuan dan kesejahteraan masyarakat.

    Diskusi

  9. Perbedaan pandangan antar golongan agama (Islam) dan nasionalis dalam perumusan pancasila sebagai dasar negara di Sidang BPUPKI menunjukkan bahwa perbedaan pandangan merupakan hal biasa dan wajar terjadi dalam memutuskan sesuatu. Proses yang terjadi pada masa perumusan dan penetapan UUD 1945 di sidang BPUPKI menunjukkan bahwa ...

    1. Golongan Islam adalah golongan mayoritas yang pendapatnya harus diakomodasi
    2. Merumuskan dasar Negara bukan hal mudah dalam mendirikan sebuah Negara berdaulat
    3. Perbedaan pandangan seringkali memunculkan pertentangan dan rentan konflik horizontal
    4. Sidang BPUPKI mengakomodasi perbedaan kepentingan dan pandangan anggota sidang
    5. Pancasila merupakan hasil kesepakatan bersama antara dua golongan yang berbeda pandangan
    Jawaban : d

    Soal ini membahas tentang dinamika perbedaan pandangan antara golongan Islam dan nasionalis dalam sidang BPUPKI saat perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Soal ini juga meminta pemahaman tentang bagaimana proses perumusan tersebut mencerminkan cara pengambilan keputusan di tengah perbedaan, yang merupakan cerminan demokrasi dan penghargaan terhadap keberagaman.

    Mari kita analisis setiap pilihan jawaban:

    1. Golongan Islam adalah golongan mayoritas yang pendapatnya harus diakomodasi
      Pernyataan ini tidak sepenuhnya tepat. Meskipun golongan Islam merupakan kelompok besar di sidang BPUPKI, bukan hanya pandangan golongan mayoritas yang dipertimbangkan. Proses perumusan Pancasila melibatkan dialog antara berbagai pandangan untuk mencapai kesepakatan bersama. Dengan demikian, fokusnya bukan pada pandangan mayoritas saja, tetapi pada kesepakatan untuk kepentingan bersama.

    2. Merumuskan dasar negara bukan hal mudah dalam mendirikan sebuah negara berdaulat
      Pernyataan ini benar dalam arti umum, namun kurang spesifik dalam menjelaskan proses yang terjadi di sidang BPUPKI. Meskipun perumusan dasar negara memang sulit, soal ini lebih menyoroti aspek perbedaan pandangan dan upaya mencari kesepakatan dalam situasi tersebut.

    3. Perbedaan pandangan seringkali memunculkan pertentangan dan rentan konflik horizontal
      Pernyataan ini lebih menekankan pada aspek negatif dari perbedaan pandangan, sedangkan sidang BPUPKI menunjukkan bahwa perbedaan pandangan bisa dikelola dengan dialog dan menghasilkan kesepakatan, bukan justru berujung pada konflik.

    4. Sidang BPUPKI mengakomodasi perbedaan kepentingan dan pandangan anggota sidang
      Ini adalah jawaban yang sangat tepat. Sidang BPUPKI mengakomodasi berbagai pandangan dari kelompok Islam dan nasionalis, sehingga kesepakatan yang diambil dapat diterima oleh semua pihak. Perumusan dasar negara Pancasila menunjukkan sikap saling menghormati dan kemampuan untuk berkompromi demi kepentingan bersama. Sidang ini mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, di mana keberagaman dapat menghasilkan keputusan yang bersifat inklusif.

    5. Pancasila merupakan hasil kesepakatan bersama antara dua golongan yang berbeda pandangan
      Pernyataan ini juga tepat, namun lebih menekankan pada hasil akhir daripada proses yang terjadi di dalam sidang. Meski Pancasila adalah hasil dari kesepakatan bersama, penekanan utama dalam soal ini adalah bagaimana proses tersebut mencerminkan upaya untuk mengakomodasi pandangan yang berbeda.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (d) Sidang BPUPKI mengakomodasi perbedaan kepentingan dan pandangan anggota sidang.
    Pernyataan ini menggambarkan bagaimana sidang BPUPKI menangani perbedaan pandangan dengan mengakomodasi kepentingan yang berbeda-beda, yang akhirnya menghasilkan Pancasila sebagai dasar negara. Proses ini menunjukkan bahwa perbedaan pandangan dapat dikelola dengan baik melalui dialog, musyawarah, dan kompromi demi mencapai tujuan bersama. Hal ini mencerminkan semangat demokrasi dan persatuan dalam keberagaman, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

    Diskusi

  10. UUD NRI 1945 pasal 28J ayat 1 menyebutkan bahwa setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dari bunyi pasal tersebut, perilaku yang mencerminkan sikap kesadaran nasionalisme adalah ...

    1. Menuntut hak terlebih dahulu agar dapat melaksanakan kewajiban secara baik
    2. Melaksanakan kewajiban dengan harapan akan mendapatkan hak yg sesuai
    3. Menyadari bahwa di dalam hak orang ada kewajiban kita yg harus dilaksanakan
    4. Menyadari bahwa setiap orang mempunyai kemampuan memaksakan hak dan kewajiban
    5. Menghafal tentang rumusan hak asasi manusia untuk menambahkan pengetahuan
    Jawaban : c

    Soal ini menguji pemahaman tentang pasal 28J ayat 1 dalam UUD NRI 1945 yang menekankan kewajiban untuk menghormati hak asasi orang lain dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pasal ini menekankan bahwa kebebasan individu selalu disertai dengan tanggung jawab untuk menghormati hak orang lain. Sikap nasionalisme yang berlandaskan pada pasal ini mencerminkan kesadaran bahwa hak dan kewajiban harus berjalan seimbang untuk menjaga harmoni dalam masyarakat.

    Mari kita bahas setiap pilihan jawaban:

    1. Menuntut hak terlebih dahulu agar dapat melaksanakan kewajiban secara baik
      Pernyataan ini kurang tepat. Menuntut hak sebelum melaksanakan kewajiban menunjukkan sikap mementingkan diri sendiri. Pasal 28J justru menekankan pentingnya menghormati hak orang lain dan menjalankan kewajiban dengan penuh kesadaran, bukan berfokus pada tuntutan hak pribadi terlebih dahulu.

    2. Melaksanakan kewajiban dengan harapan akan mendapatkan hak yang sesuai
      Pernyataan ini mengaitkan kewajiban dengan ekspektasi untuk mendapatkan hak, tetapi kesadaran nasionalisme yang dimaksud di sini adalah menjalankan kewajiban dengan menghormati hak orang lain, bukan sekadar melaksanakan kewajiban dengan motivasi untuk mendapatkan imbalan.

    3. Menyadari bahwa di dalam hak orang ada kewajiban kita yang harus dilaksanakan
      Ini adalah jawaban yang paling tepat. Pernyataan ini menunjukkan bahwa setiap individu menyadari keterkaitan antara hak orang lain dan kewajiban pribadi. Dengan menghormati hak orang lain, seseorang melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara yang baik. Sikap ini mencerminkan pemahaman yang mendalam terhadap pentingnya keselarasan antara hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat dan menunjukkan sikap nasionalisme yang menghargai keteraturan sosial.

    4. Menyadari bahwa setiap orang mempunyai kemampuan memaksakan hak dan kewajiban
      Pernyataan ini kurang tepat karena tidak sesuai dengan semangat menghormati hak orang lain. Kemampuan untuk memaksakan hak dan kewajiban tidak mencerminkan sikap menghormati orang lain dan justru dapat menimbulkan konflik. Sikap nasionalisme yang diharapkan adalah menjalankan kewajiban dengan penuh kesadaran akan hak-hak orang lain, bukan memaksakan kehendak.

    5. Menghafal tentang rumusan hak asasi manusia untuk menambahkan pengetahuan
      Menghafal rumusan hak asasi manusia dapat menambah pengetahuan, namun tidak cukup untuk menunjukkan sikap nasionalisme. Yang dibutuhkan adalah pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal 28J, bukan sekadar hafalan. Sikap nasionalisme lebih mencerminkan penerapan nilai-nilai ini dalam tindakan sehari-hari.

    Jawaban yang paling tepat adalah pilihan (c) Menyadari bahwa di dalam hak orang ada kewajiban kita yang harus dilaksanakan.
    Pernyataan ini menunjukkan pemahaman bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab untuk menjalankan kewajiban yang sejalan dengan hak-hak orang lain. Kesadaran ini mencerminkan sikap nasionalisme yang menghargai keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD NRI 1945.

    Diskusi

Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 213. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.

Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.

Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP











Dukung kami :)

Buy me a coffeeBuy me a coffee

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro