Berikut ini kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD CPNS - bagian 255. Semangat belajar!
-
Bagaimana prinsip “Persatuan Indonesia” dalam Pancasila sebaiknya diterapkan dalam kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi yang mempengaruhi seluruh wilayah Indonesia?
- Mengutamakan penanganan di daerah perkotaan yang memiliki ekonomi lebih kuat
- Memberikan kewenangan penuh kepada daerah tanpa koordinasi pusat
- Menjalankan kebijakan terpadu antara pemerintah pusat dan daerah untuk memastikan penanganan yang merata
- Menyediakan bantuan medis hanya di wilayah-wilayah yang terdampak parah
- Menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk mengatasi pandemi
Jawaban : cPrinsip “Persatuan Indonesia” menekankan pentingnya kesatuan dan kerja sama dalam menghadapi tantangan nasional seperti pandemi. Pemerintah pusat dan daerah perlu berkoordinasi untuk menjalankan kebijakan yang terpadu, sehingga seluruh wilayah, termasuk daerah terpencil, mendapatkan bantuan dan penanganan yang dibutuhkan, memastikan kesatuan dalam menghadapi krisis.
-
UUD 1945 memberikan jaminan terhadap kebebasan berpendapat sebagai bagian dari hak asasi manusia. Bagaimana penerapan hak ini sebaiknya dilakukan oleh masyarakat agar tetap sesuai dengan ketentuan konstitusi?
- Menyampaikan pendapat dengan cara yang mengabaikan ketertiban umum
- Melakukan demonstrasi tanpa pemberitahuan kepada pihak berwenang
- Menyampaikan pendapat dengan tetap menghormati hak orang lain dan ketertiban umum
- Menyampaikan pendapat di media sosial tanpa batasan
- Mengabaikan aturan hukum selama menyampaikan pendapat
Jawaban : cUUD 1945 memberikan hak kepada setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat, namun tetap dalam koridor yang menghormati hak orang lain dan ketertiban umum. Masyarakat perlu memastikan bahwa kebebasan berpendapat yang mereka lakukan tidak melanggar hukum atau menimbulkan gangguan bagi masyarakat lainnya, sehingga hak ini dapat dijalankan dengan bertanggung jawab.
-
Bagaimana pemerintah dapat menjaga integritas NKRI di tengah berbagai ancaman separatisme di wilayah tertentu?
- Mengizinkan wilayah dengan potensi separatisme untuk memisahkan diri
- Menangani ancaman separatisme dengan pendekatan militer semata
- Menggunakan pendekatan terpadu dengan dialog, pembangunan ekonomi, dan penegakan hukum
- Memberikan otonomi penuh tanpa pengawasan untuk mengurangi ketegangan
- Mengabaikan tuntutan wilayah yang memiliki keinginan separatis
Jawaban : cUntuk menjaga integritas NKRI, pemerintah perlu menggunakan pendekatan terpadu yang melibatkan dialog, pembangunan ekonomi, serta penegakan hukum. Pendekatan ini memastikan bahwa penyelesaian masalah separatisme dilakukan dengan cara yang damai dan efektif, serta menunjukkan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan dan kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.
-
Bagaimana pemerintah dapat menerapkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika untuk menangani konflik horizontal antar kelompok masyarakat yang berbeda latar belakang etnis dan agama?
- Menyeragamkan seluruh budaya agar tidak terjadi konflik
- Menyelesaikan konflik dengan cara memperkuat kehadiran aparat keamanan
- Mempromosikan dialog antar kelompok dan meningkatkan pendidikan toleransi
- Mengabaikan konflik selama tidak melibatkan kekerasan fisik
- Membatasi hak-hak kelompok minoritas untuk menjaga ketertiban
Jawaban : cPrinsip Bhinneka Tunggal Ika menekankan persatuan dalam keberagaman. Pemerintah sebaiknya mempromosikan dialog antar kelompok yang berbeda latar belakang etnis dan agama untuk menciptakan saling pengertian. Pendidikan yang menanamkan nilai toleransi juga penting agar masyarakat memahami dan menghargai perbedaan, sehingga mencegah potensi konflik.
-
Pancasila mengajarkan prinsip "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia." Bagaimana prinsip ini dan pasal-pasal dalam UUD 1945 mendukung pemberian bantuan sosial secara merata di masa krisis ekonomi?
- Mengutamakan bantuan bagi kelompok masyarakat ekonomi tinggi
- Mengalokasikan bantuan sosial hanya di daerah perkotaan
- Menyediakan bantuan sosial yang merata bagi semua lapisan masyarakat yang terdampak krisis
- Membatasi bantuan sosial hanya untuk kelompok masyarakat yang produktif
- Memberikan bantuan hanya kepada masyarakat yang sudah berpenghasilan
Jawaban : cPrinsip "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia" dalam Pancasila dan UUD 1945 mendukung pemberian bantuan sosial yang merata bagi semua lapisan masyarakat yang terdampak krisis ekonomi. Dengan kebijakan yang merata, pemerintah menunjukkan komitmen untuk memastikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat tanpa memandang latar belakang ekonomi, sehingga tercapai keadilan sosial.
-
Bagaimana UUD 1945 mendukung integrasi nasional dalam kerangka NKRI, khususnya dalam kebijakan otonomi daerah?
- Membiarkan daerah mengatur sendiri tanpa pengawasan pusat
- Menyerahkan semua kewenangan kepada pemerintah daerah
- Memberikan otonomi daerah yang bertanggung jawab dan tetap mengikuti ketentuan nasional
- Mengizinkan daerah membuat kebijakan yang bertentangan dengan konstitusi
- Menetapkan pemerintah daerah sebagai cabang independen dari pusat
Jawaban : cUUD 1945 mendukung integrasi nasional dengan memberikan otonomi kepada daerah, namun tetap dalam kerangka NKRI dan di bawah pengawasan pusat. Kebijakan otonomi yang bertanggung jawab dan sesuai ketentuan nasional memungkinkan daerah mengelola urusan lokal secara mandiri, namun tetap selaras dengan visi dan misi negara dalam mempertahankan keutuhan NKRI.
-
Bagaimana prinsip Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah untuk menciptakan masyarakat yang toleran?
- Mewajibkan semua siswa mengikuti kegiatan budaya mayoritas
- Mengajarkan keberagaman budaya dan agama sebagai bagian dari kurikulum
- Menghapus mata pelajaran tentang agama untuk menjaga netralitas
- Membatasi pelajaran tentang budaya hanya pada budaya lokal sekolah
- Mengajarkan bahwa satu budaya lebih unggul daripada budaya lain
Jawaban : bPrinsip Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila mendukung pembelajaran yang mengajarkan keberagaman budaya dan agama sebagai bagian dari kurikulum. Dengan memahami perbedaan, siswa dapat belajar menghargai dan merayakan keragaman, yang berkontribusi pada pembentukan masyarakat yang toleran dan menghargai perbedaan.
-
Kita mengetahui bahwa mobil memiliki kursi penumpang dan bagasi. Hubungan ini sama dengan ...
- Pohon memerlukan air dan cahaya
- Dalam pesawat ada pilot dan pramugari
- Sepeda memiliki pedal dan roda
- Manusia memerlukan makan dan minum
- CPU memerlukan listrik dan monitor
Jawaban : cSoal ini menanyakan hubungan antara objek dan bagiannya. Mobil memiliki kursi penumpang dan bagasi sebagai bagian dari fungsinya dalam mengangkut orang dan barang. Pilihan C. Sepeda memiliki pedal dan roda adalah analogi yang paling tepat karena pedal dan roda merupakan bagian dari sepeda yang dibutuhkan untuk fungsinya dalam menggerakkan dan menjalankan sepeda. Pilihan lain tidak cocok karena:
- A. Pohon memerlukan air dan cahaya - ini adalah hubungan kebutuhan, bukan bagian dari objek.
- B. Dalam pesawat ada pilot dan pramugari - ini adalah hubungan antara orang yang bekerja di pesawat, bukan bagian fisik dari pesawat itu sendiri.
- D. Manusia memerlukan makan dan minum - ini adalah kebutuhan manusia, bukan bagian dari tubuh manusia.
- E. CPU memerlukan listrik dan monitor - ini adalah hubungan kebutuhan operasional, bukan bagian fisik dari CPU.
-
Pensil memiliki ujung pensil dan penghapus. Hubungan ini sama dengan ...
- Buku memiliki sampul dan halaman
- Lampu memiliki bohlam dan sakelar
- Sepatu memiliki tali dan sol
- Kunci memiliki gigi dan gagang
- CPU memiliki monitor dan keyboard
Jawaban : dPensil memiliki ujung untuk menulis dan penghapus untuk menghapus, yang keduanya adalah bagian dari satu objek (pensil) dan memiliki fungsi spesifik yang saling melengkapi dalam satu alat. Demikian pula, kunci memiliki gigi dan gagang. Gigi kunci digunakan untuk membuka kunci tertentu, sedangkan gagang adalah bagian yang memungkinkan pengguna memegang dan memutar kunci. Kedua bagian ini memiliki fungsi berbeda tetapi bekerja bersama dalam satu objek yang sama, mirip dengan ujung pensil dan penghapus yang saling melengkapi dalam fungsi.
Opsi lainnya tidak tepat karena:
- A. Buku memiliki sampul dan halaman - Ini menunjukkan bagian dari buku, tetapi tidak memiliki fungsi yang saling melengkapi seperti ujung pensil dan penghapus.
- B. Lampu memiliki bohlam dan sakelar - Ini adalah hubungan antara komponen yang terpisah (lampu dengan sakelar sebagai pengendali eksternal).
- C. Sepatu memiliki tali dan sol - Ini adalah bagian dari sepatu tetapi tidak memiliki hubungan fungsi yang saling melengkapi secara langsung.
- E. CPU memiliki monitor dan keyboard - Ini adalah perangkat yang terhubung, bukan bagian dari objek fisik yang sama.
Dengan demikian, pilihan D. Kunci memiliki gigi dan gagang adalah analogi yang paling mendekati hubungan antara pensil dan komponennya (ujung dan penghapus).
-
Akar terdiri dari serabut dan tunggang. Memiliki analogi dengan ...
- Pohon terdiri dari ranting dan daun
- Sepeda terdiri dari pedal dan roda
- Mobil terdiri dari matic dan manual
- Manusia terdiri dari hidung dan mata
- CPU terdiri dari monitor dan mouse
Jawaban : cDalam konteks ini, akar terdiri dari dua jenis utama: serabut dan tunggang. Mobil memiliki tipe transmisi matic (otomatis) dan manual, yang merupakan dua jenis sistem transmisi yang berbeda. Meskipun keduanya tidak digunakan bersamaan pada mobil yang sama, keduanya menggambarkan variasi tipe dari komponen utama yang memiliki fungsi serupa (sistem transmisi) dalam kategori mobil.
Pilihan lainnya tidak cocok karena:
- A. Pohon terdiri dari ranting dan daun - Meskipun ranting dan daun adalah bagian dari pohon, mereka tidak mewakili jenis-jenis dalam satu kategori yang sama.
- B. Sepeda terdiri dari pedal dan roda - Pedal dan roda adalah bagian dari sepeda, tetapi bukan variasi dari komponen yang sama.
- D. Manusia terdiri dari hidung dan mata - Ini adalah bagian tubuh manusia, tetapi tidak mewakili variasi jenis dari satu bagian tertentu.
- E. CPU terdiri dari monitor dan mouse - Monitor dan mouse adalah perangkat yang terhubung dengan CPU, tetapi bukan variasi dalam satu komponen.
Dengan demikian, pilihan C. Mobil terdiri dari matic dan manual adalah analogi yang paling tepat, karena matic dan manual adalah dua jenis dari sistem transmisi yang memiliki fungsi dasar yang sama, mirip dengan akar yang memiliki dua jenis utama, yaitu serabut dan tunggang.
Demikian kumpulan contoh soal dan pembahasan TWK SKD bagian 255. Silahkan pelajari soal-soal bagian lainnya ya.
Jika ada soal yang masih belum kamu mengerti, silahkan pelajari lagi materi terkait di aplikasi ini ya. Atau bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, biar kita bisa belajar bareng.
Materi TWK
Materi TIU
Materi TKP