Kisi-Kisi SKD/TKD Bagian 13


  1. Anda merupakan seorang waiters pada sebuah restoran. Datang seorang tamu bersama dengan kelurganya untuk makan direstoran anda. Pada saat menu sudah dihidangkan diatas meja dan mulai dinikmati oleh tamu tersebut, kemudian dia memanggil anda dan komplain jika tadi dia minta agar menu yang dia pesan dibikin tidak pedas sama sekali, sikap anda

    1. Meminta maaf dan langsung membuatkan menu baru sesuai pesanan
    2. Minta maaf dan memohon untuk menunggu agar dibuatkan yang baru
    3. Melaporkan kepada bagian dapur yang bertugas memasak
    4. Minta maaf dan melaporkan pada bagian dapur
    5. Minta maaf dan meminta bagian dapur untuk mengganti menu tersebut

    JAWABAN DECBA

    Topik orientasi pada pelayanan, Indikator cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan dan melayani dengan baik sesuai dengan kapasitas, tugas dan tanggung jawab anda


  2. Anda akan ditugaskan oleh atasan anda untuk menjadi panitia pameran yang akan memperkenalkan produk produk perusahaan, termasuk menjual beberapa produk untuk melihat respon pembeli. Pameran tersebut akan diikuti oleh banyak perusahaan yang juga memperkenalkan produk meraka ada yang setipe dengan anda dan ada juga yang berbeda, untuk menarik pengunjung apa yang anda lakukan

    1. Memperagakan produk yang berkualitas di estalase agar banyak yang tertarik
    2. Membuat pengunjung nyaman dengan stand anda dengan menyediakan tempat duduk dll
    3. Selalu bersikap ramah terhadap pengunjung yang lewat dan mempersilakan untuk mampir
    4. Membuat konsep stand pameran yang menarik
    5. Membuat stand pameran yang besar agar semua pengunjung bisa muat di stand anda

    JAWABAN DCBAE

    Topik kreatifitas dan inovasi, Indikator dengan menciptakan ide yang baru, unik dan menarik sehingga membuat banyak orang penasaran, salah satu adalah dengan konsep stand anda yang akan membuat orang penasaran untuk mengunjungi, baru opsi yang lain menyusul memberikan pelayanan yang ramah


  3. Anda merupakan seorang kurir yang setiap hari bertugas mengantarkan kiriman barang kerumah pelanggan. Anda tidak tahu isi dari barang yang anda antar tersebut, tugas anda hanya mengantarkan ke alamat. Suatu hari anda dikomplain karena barang yang anda antar keliru. Bagaimana sikap anda

    1. Mendengarkan dan menjelaskan bahwa anda hanya kurir yang tugasnya hanya mengantar barang saja.
    2. Mendengarkan dan memberikan solusi supaya kejadian ini tidak berulang
    3. Mendengarkan dan minta maaf serta bersedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
    4. Mendengarkan saja supaya dia merasa dipahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
    5. Minta maaf, Mendengarkan dan memberitahu ke atasan anda jika ada barang yang keliru via telefon

    JAWABAN ECABD

    Topik orientasi pada pelayanan, Indikator harus cepat tanggap dengan keluhan dan segera mungkin mencarikan solusi agar pelanggan merasa di layani, opsi E yang paling berorietasi pada pelayanan cepat tanggap saat itu juga dengan langsung mengkonfirmasi via telfon kepada atasan jika barang keliru baru menunggu untuk melakukan perintah atasan selanjutnya


  4. Ketika anda sedang mengambil beberapa dokumen di meja CS, tiba-tiba datang seorang pelanggan yang marah pada anda karena pelayanan yang kurang baik bahkan sampai mencaci anda, yang anda lakukan

    1. Menahan emosi dan menjawab pertanyaannya karena sudah tugas saya melayani
    2. Tetap tersenyum dan mendengarkan keluhannya.
    3. Menasehatinya agar tidak boleh berkata kasar
    4. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.
    5. Berusaha tidak marah meskipun dicaci dan tetap melayani keluhannya

    JAWABAN DABEC

    Topik orientasi pada pelayanan, Indikator cepat tanggap terhadap keluhan pelanggan dan mendengarkan keluhannya dengan baik, agar pelanggan merasa dihargai karena buruknya pelayanan lebih baik minta maaf dan tetap mendengarkan keluhannya, tetap fokus pada kebutuhan dari pelanggan


  5. Anda baru saja pulang liburan dari sebuah pulau. Ketika hendak mengambil barang anda di pengambilan bagasi ternyata koper anda yang berisi oleh oleh buat keluarga anda tidak ada. Sikap anda

    1. Meminta pertanggung jawaban dari pihak maskapai penerbangan
    2. Melapor kepada petugas yang berwenang
    3. Menanyakan kenapa barang anda tidak ada kepada petugas
    4. Meminta pihak bandara bertanggung jawab dan mengganti barang anda
    5. Mengurus koper yang hilang dengan membayar asuransi perjalanan.

    JAWABAN BAECD

    Topik kemampuan mengendalikan diri, Indikator agar tetap tenang dan bersikap dewasa jika terjadi masalah dan mengikuti SOP di bandara jika ada barang hilang harus melapor kebagian berwenang yang menangani kehilangan barang


  6. Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di Indonesia

    1. mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati
    2. Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
    3. Mengajaknya main ketempat tempat ibadah
    4. Jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia tentang keberagaman
    5. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari

    JAWABAN EDABC

    Topik sosial budaya, Indikator penghormatan terhadap budaya dan mengedukasi anak tersebut karena sudah dititipkan orang tuanya kepada anda dengan mengajarkan keberagaman melalui tindakan sehari hari, bukan saat jalan jalan saja


  7. Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kerjakan, bagaimana kamu mengatasinya

    1. Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
    2. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
    3. Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
    4. Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
    5. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya

    JAWABAN BDCAE

    Topik kemampuan belajar berkelanjutan, Indikator gemar membaca dan terus menimbah ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka tantangan, dari persoalan di atas opsi B yang paling tepat langsung action, menunjukkan kita orang yang mampu bekerja berkelanjutan.


  8. Siang ini semua karyawan dikumpulkan oleh atasan anda untuk membicarakan permasalahan kantor. Kemudian pada saat anda diminta atasan anda untuk memberikan tanggapan terhadap sebuah permasalahan yang ada di kantor anda tersebut, tiba tiba rekan kerja anda menyanggah penjelasan anda pada saat anda berbicara, menurut anda

    1. Wajar saja, karena dalam diskusi komunikasi harus berlangsung dua arah
    2. Mungkin apa yang saya jelaskan barusan tidak sesuai dengan gagasannya, namun ini adalah hal yang wajar di dalam sebuah duskusi
    3. Harusnya dia mendengarkan saya dulu, lalu baru berbicara
    4. Seharusnya rekan saya bisa angkat tangan jika ingin menyampaikan gagasannya dalam diskusi
    5. Teman saya ingin menyampaikan gagasannya juga pada saat saya berbicara

    JAWABAN CDEBA

    Topik kemampuan bekerja dalam kelompok, kita harus saling menghargai dan bersifat terbuka Hargailah lawan bicara kita, Berilah respon yang positif. Etika saat berbicara adalah mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara dengan baik. Setelah itu Anda wajib memberikan respon ataupun tanggapan terhadap apa yang telah disampaikan


  9. Di kantor anda beredar kabar bahwa salah seorang rekan kerja anda menggelapkan uang penjualan bulanan untuk keperluan pribadinya. Dan sudah beberapa hari ini rekan tersebut tidak masuk bekerja. Kabar ini sangat cepat menyebar keseluruh karyawan, sehingga menjadi buah bibir dikantor anda, menurut anda

    1. Pihak perusahaan harus memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku
    2. Sifat teman tersebut sudah diluar batas dan dapat menyebabkan kerugian besar pada perusahaan
    3. Kabar tersebut belum pasti jadi saya tidak mau berkomentar lebih jauh
    4. Saya akan mencari kebenaran informasi tersebut sebelum memberikan pendapat
    5. Saya tanyakan kepada teman teman yang lainnya apakah informasi tersebut benar adanya

    JAWABAN CDEBA

    Topik profesionalisme, Indikator sikap pegawai yang baik tidak perlu ikut campur masalah orang lain, lebih baik tidak terlibat dalam urusan yang bukan kapasitas kita, nanti bisa memicu konflik, dan menghindari kesalahpahaman yang akan berdampak buruk bagi anda dan lingkungan pekerjaan


  10. Anda diminta oleh atasan anda untuk menyiapkan sebuah presentasi untuk bertemu dengan client besok pagi. Presentasi anda besok pagi akan menjadi penentu bagi kelanjutan kerja sama perusahaan dengan si client, atasan anda meminta anda untuk membuat presentasi yang bagus dan membuat client antusias untuk tau lebih jauh, sikap anda

    1. Saya akan membuat presentasi yang sangat detail agar bisa tersampaikan pada intinya
    2. Saya akan menggunakan bahasa santai dan sedikit candaan ketika presentasi berlangsung
    3. Membuat presentasi yang memuat penjelasan secara terperinci
    4. Membuat presentasi dengan sedikit tulisan dan beberapa gambar
    5. Membuat presentasi yang memuat inti dari setiap poin yang saya sampaikan

    JAWABAN EDBDA

    Topik kreativitas dan inovasi, menguji cara berfikir kita untuk menciptakan sesuatu yang baru dan mudah dimengerti dan poin poin penting, serta tidak membuat orang bosan, menggunakan bahasa yang baik dan juga pemilihan kata yang tidak bertele-tele agar mudah dipahami serta tidak memuat banyak tulisan