Soal dan Pembahasan TKP Bagian 87

  1. Ketika anda sedang mengambil beberapa dokumen di meja CS, tiba-tiba datang seorang pelanggan yang marah pada anda karena pelayanan yang kurang baik bahkan sampai mencaci anda, yang anda lakukan
    1. Menahan emosi dan menjawab pertanyaannya karena sudah tugas saya melayani
    2. Tetap tersenyum dan mendengarkan keluhannya.
    3. Menasehatinya agar tidak boleh berkata kasar
    4. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.
    5. Berusaha tidak marah meskipun dicaci dan tetap melayani keluhannya
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : a
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : e
    • Poin 1 : c
  2. Anda baru saja pulang liburan dari sebuah pulau. Ketika hendak mengambil barang anda di pengambilan bagasi ternyata koper anda yang berisi oleh oleh buat keluarga anda tidak ada. Sikap anda
    1. Meminta pertanggung jawaban dari pihak maskapai penerbangan
    2. Melapor kepada petugas yang berwenang
    3. Menanyakan kenapa barang anda tidak ada kepada petugas
    4. Meminta pihak bandara bertanggung jawab dan mengganti barang anda
    5. Mengurus koper yang hilang dengan membayar asuransi perjalanan.
    Jawaban : b
    • Poin 5 : b
    • Poin 4 : a
    • Poin 3 : e
    • Poin 2 : c
    • Poin 1 : d
  3. Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di Indonesia
    1. mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati
    2. Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
    3. Mengajaknya main ketempat tempat ibadah
    4. Jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia tentang keberagaman
    5. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari
    Jawaban : e
    • Poin 5 : e
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : a
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : c
  4. Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kerjakan, bagaimana kamu mengatasinya
    1. Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
    2. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
    3. Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
    4. Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
    5. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya
    Jawaban : b
    • Poin 5 : b
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : a
    • Poin 1 : e
  5. Siang ini semua karyawan dikumpulkan oleh atasan anda untuk membicarakan permasalahan kantor. Kemudian pada saat anda diminta atasan anda untuk memberikan tanggapan terhadap sebuah permasalahan yang ada di kantor anda tersebut, tiba tiba rekan kerja anda menyanggah penjelasan anda pada saat anda berbicara, menurut anda
    1. Wajar saja, karena dalam diskusi komunikasi harus berlangsung dua arah
    2. Mungkin apa yang saya jelaskan barusan tidak sesuai dengan gagasannya, namun ini adalah hal yang wajar di dalam sebuah duskusi
    3. Harusnya dia mendengarkan saya dulu, lalu baru berbicara
    4. Seharusnya rekan saya bisa angkat tangan jika ingin menyampaikan gagasannya dalam diskusi
    5. Teman saya ingin menyampaikan gagasannya juga pada saat saya berbicara
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : e
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a
  6. Di kantor anda beredar kabar bahwa salah seorang rekan kerja anda menggelapkan uang penjualan bulanan untuk keperluan pribadinya. Dan sudah beberapa hari ini rekan tersebut tidak masuk bekerja. Kabar ini sangat cepat menyebar keseluruh karyawan, sehingga menjadi buah bibir dikantor anda, menurut anda
    1. Pihak perusahaan harus memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku
    2. Sifat teman tersebut sudah diluar batas dan dapat menyebabkan kerugian besar pada perusahaan
    3. Kabar tersebut belum pasti jadi saya tidak mau berkomentar lebih jauh
    4. Saya akan mencari kebenaran informasi tersebut sebelum memberikan pendapat
    5. Saya tanyakan kepada teman teman yang lainnya apakah informasi tersebut benar adanya
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : e
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a
  7. Anda diminta oleh atasan anda untuk menyiapkan sebuah presentasi untuk bertemu dengan client besok pagi. Presentasi anda besok pagi akan menjadi penentu bagi kelanjutan kerja sama perusahaan dengan si client, atasan anda meminta anda untuk membuat presentasi yang bagus dan membuat client antusias untuk tau lebih jauh, sikap anda
    1. Saya akan membuat presentasi yang sangat detail agar bisa tersampaikan pada intinya
    2. Saya akan menggunakan bahasa santai dan sedikit candaan ketika presentasi berlangsung
    3. Membuat presentasi yang memuat penjelasan secara terperinci
    4. Membuat presentasi dengan sedikit tulisan dan beberapa gambar
    5. Membuat presentasi yang memuat inti dari setiap poin yang saya sampaikan
    Jawaban : e
    • Poin 5 : e
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : a
  8. Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda
    1. Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan
    2. Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
    3. Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri
    4. Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda
    5. Memahami karakter setiap orang yang anda temui
    Jawaban : a
    • Poin 5 : a
    • Poin 4 : b
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : e
  9. Banyak karyawan dari perusahaan yang anda pimpin tiba tiba mengundurkan diri, diantaranya merupakan kariawan yang berprestasi dan berkinerja baik, anda mengetahui jika kebanyakan alasan pengunduran diri karyawan tersebut adalah karena perusahaan tidak memberi kesempatan pada karyawannya untuk mengembangkan diri, disisi lain keuangan perusahaan sedang tidak memungkinkan untuk hal tersebut, sedangkan jika hal ini terus di biarkan akan berdampak buruk dan merugikan perusahaan anda karena kehilangan SDM yang bagus, sikap anda
    1. Memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara mengikutkan seminar
    2. Memberikan karyawan kesempatan pengembangan diri dengan mengikutkan pelatihan
    3. Semua perusahaan ingin karyawannya berkembang tapi karena kondisi keuangan perusahaan sedang tidak mendukung hal ini tidak terhindarkan
    4. Pimpinan sendiri harus memberikan pembekalan tersebut agar karyawan bisa mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik.
    5. Pemilik perusahaan harusnya lebih peka terhadap karyawan dan memfasilitasi pengembangan diri mereka
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a
  10. Suatu hari anda akan mengadakan audit kesebuah sekolah yang lokasinya cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Ditengah perjalanan mobil yang anda bawah mengalami kecelakaan padahal mobil tersebut adalah mobil pinjaman. Untuk memperbaiki mobil tersebut anda harus mengeluarkan uang sangat banyak. Setelah mobil di servis setelah menunggu 3 jam, anda kembali melanjutkan perjalanan. Ketika akan pulang kepala sekolah memberikan sejumlah uang, sikap kamu
    1. Menerima uang transport tersebut jika tidak diketahui oleh rekan tim yang lainnya
    2. Mengembalikan uang transport secara tegas dan halus
    3. Menolak karena kamu tahu itu bentuk gratifikasi
    4. Menolak karena disuruh atasan untuk bekerja dengan jujur dan bebas KKN
    5. Marah karena kepala sekolah telah berusaha untuk menyogok
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : b
    • Poin 3 : d
    • Poin 2 : e
    • Poin 1 : a