Soal dan Pembahasan TKP Bagian 89

  1. Beberapa tahun lagi anda akan memasuki usia pensiun dari salah satu instansi pemerintahan tempat anda bekerja selama ini. Tanggung jawab anda untuk mengabdi bagi negarapun telah selesai. Sekarang anda memasuki babak baru dimana tidak lagi terikat dengan pekerjaan dan pengabdian terhadap negara. Hal apa yang akan anda rencanakan untuk selanjutnya ketika waktu itu telah tiba
    1. Saya membuka usaha kecil-kecilan dirumah sambil menghabiskan hari tua saya dengan anak dan cucu-cucu saya
    2. Memiliki tanah di berbagai tempat strategis untuk investasi masa tua saya dan keluarga
    3. Membuka lapangan kerja buat orang terdekat dan yang membutuhkan pekerjaan karena zaman sekarang sulit mendapatkan pekerjaan
    4. Memiliki warisan harta yang berguna bagi anak dan cucu saya kelak ketika waktu tersebut sudah tiba
    5. Beristirahat saja setiap hari di rumah menikmati hari hari tua saya bersama keluarga
    Jawaban : a
    • Poin 5 : a
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : e
  2. Anda baru saja di mutasi ke sebuah cabang baru dari perusahaan anda yang berlokasi diluar kota, anda diberikan tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya untuk mengontrol dan mewujudkan tujuan perusahaan di kantor cabang baru tersebut, dan memajukan perusahaan. Namun cabang baru tersebut di isi oleh karyawan karyawan baru dari daerah dan belum berpengalaman, yang anda lakukan
    1. Memberitahukan kepada karyawan baru tersebut terkait pekerjaan yang harus mereka kerjakan
    2. Menyuruh mereka untuk lebih berinisiatif untuk mengimprovisasi diri dan meningkatkan kualitas dalam bekerja
    3. Menyuruh mereka membaca semua tugas mereka dan menerapkannya dalam setiap pekerjaan
    4. Meminta untuk bekerja maksimal dan loyal terhadap perusahaan
    5. Mengkomunikasikan sasaran perusahaan dan memotivasi staf saya untuk mencapainya.
    Jawaban : e
    • Poin 5 : e
    • Poin 4 : a
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : b
  3. Anda telah bekerja sesuai dengan SOP yang perusahaan berikan kepada setiap karyawan dengan jelas, sudah terdokumentasi sebagai panduan bagi setiap karyawan dalam bekerja dan telah menerapkannya setiap hari dengan baik, namun terkadang ada kondisi dimana sebuah masalah yang timbul tidak dijelaskan bahkan tidak ada di dalam SOP yang perusahaan berikan, yang akan anda lakukan
    1. Tetap mengikuti sop yang ada meskipun pekerjaan selesai jadi sangat lama dan mengganggu kinerja
    2. Meminta bantuan kepada rekan karyawan yang lain untuk dicarikan solusi terbaik
    3. Melihat dari kondisi yang ada dan saya sesuaikan dengan misi perusahaan agar pekerjaan cepat terselesaikan
    4. Menyuruh atasan untuk meriview kembali sop yang ada agar karyawan dapat bekerja dengan baik
    5. Memikirkan penyelesaian yang sekira cocok dan bisa saya kerjakan sesuai kemampuan saya dan misi perusahaan
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : a
  4. Beberapa hari terakhir ini di kantor anda sedang disibukkan dengan banyaknya deadline pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya, sehingga setiap komponen perusahaan diminta untuk memberikan kemampuan terbaiknya bagi perusahaan, karena jika ada pekerjaan yang tertunda akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Namun ada beberapa karyawan yang datang kepada anda bercerita dan mengeluhkan beberapa hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, sikap anda
    1. Saya selalu terbuka terhadap setiap karyawan untuk berkeluh kesah kapanpun mereka membutuhkannya
    2. Hal tersebut harus di batasi karena dapat mengganggu kinerja perusahaan
    3. Selalu bersimpati dan memberikan nasehat dan solusi yang paling baik terhadap setiap masalah mereka
    4. Bersimpati dan memberikan solusi dan nasehat dengan tetap memprioritaskan kepentingan perusahaan
    5. Saya akan selalu baik kepada setiap karyawan di perusahaan dan dapat menjadi teman curhat mereka setiap waktu
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : a
    • Poin 1 : e
  5. Anda diminta atasan anda untuk menyelesaikan sebuah masalah di dalam pekerjaan karena atasan anda menilai anda karyawan yang paling mampu mengatasinya dengan baik dan efektif. Namun ketika di tengah jalan penyelesaian yang anda berikan terhadap permasalahan tersebut sedikit kurang optimal untuk memberikan solusi terbaik seperti yang diharapkan perusahaan, yang anda lakukan
    1. Saya akan merubah semua solusi yang ada dan membuat penyelesaian baru
    2. Saya meminta atasan untuk memberikan saya waktu lebih untuk memikirkannya
    3. Saya melakukan modifikasi atas keputusan tersebut, terkadang modifikasi kecil sudah cukup
    4. Mengembalikan tugas tersebut kepada atasan untuk di limpahkan kapada karyawan lain
    5. Memikirkan cara yang paling efektif dari penyelesaian sebelumnya
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : a
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : d
  6. Di divisi tempat anda bekerja sedang terjadi sebuah masalah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Anda sebagai atasan sudah mencoba untuk berfikir dan memandang masalah tersebut secarah objektif dan menganalisis setiap karyawan yang dapat terpengaruh atas masalah tersebut, kemudian yang anda lakukan
    1. Meminta mereka untuk berpartisipasi lebih baik lagi dan patuh terhadap semua kebijakan yang akan di ambil
    2. Menyuruh mereka mematuhi semua kebijakan dan meminta penyelesaian dari masalah tersebut
    3. Meminta masukkan dari mereka dan membuat keputusan secepatnya agar dipatuhi semua karyawan divisi
    4. Membuat keputusan secepatnya dan memberitahu karyawan divisi akan hal tersebut, agar tidak kaget
    5. Meminta masukan dari mereka, melakukan revisi seperlunya, dan kemudian mengajak mereka turut mengimplementasikan rencana yang telah disepakati bersama.
    Jawaban : e
    • Poin 5 : e
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : a
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : b
  7. Anda merupakan seorang manajer pada sebuah perusahaan. Sudah beberapa bulan ini ada salah satu karyawan yang tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan cendrung menghambat aktivitas diperusahaan, banyak pekerjaan yang tertunda karena harus menunggu dia menyelesaikan pekerjaannya, terkadang setelah ditunggu pun hasilnya sangat buruk, padahal anda sudah memastikan bahwa beban kerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur perusahaan. Perusahaan pun telah memberikan kesempatan beberapa kali untuk perbaikan dan memberi pelatihan, namun setelah diamati tidak ada perubahan sama sekali, yang anda lakukan
    1. Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan peforma terbaiknya, meski akan mengganggu kinerja perusahaan
    2. Memberikan kesempatan karena setiap karyawan berhak atas hal tersebut
    3. Terpaksa mencari penggantinya agar kinerja perusahaan kembali membaik
    4. Memberhentikannya dan memastikan semua keputusan saya terdokumentasi
    5. Memberhentikan karyawan yang bermasalah tersebut, karena tidak bekerja dengan baik
    Jawaban : d
    • Poin 5 : d
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : c
    • Poin 2 : b
    • Poin 1 : a
  8. Karena kekurangan sumber daya manusia di sebuah kantor cabang perusahaan tempat anda bekerja, Atasan anda memutuskan hendak memindahkan anda ke cabang yang sama sekali tidak pernah anda kunjungi disebuah pulau terpencil, padahal anda adalah karyawan yang sudah lama mengabdi dan berprestasi dan anda cukup dekat dengan atasan, sikap anda
    1. Menolak dengan halus dan mengusulkan yang lain saja, Karena anda merupakan karyawan lama yang seharusnya tetap bekerja di kantor pusat
    2. Berdiskusi dengan atasan anda terkait proses pemindahan anda ke kantor cabang yang baru tersebut
    3. Bersedia di pindah tanpa membantah sedikit pun perintah dari atasan dan kebijakan perusahaan
    4. Menerima tapi berusaha mengusulkan karyawan yang lain saja karna anda merasa senior dan disegani di kantor
    5. Berangkat mengikuti keputusan perusahaan tentang pemindahan anda ke kantor cabang baru tersebut
    Jawaban : b
    • Poin 5 : b
    • Poin 4 : c
    • Poin 3 : e
    • Poin 2 : d
    • Poin 1 : a
  9. Anda merupakan seorang front office di sebuah perusahaan di instansi pemerintah. Tugas anda adalah melayani setiap tamu yang datang ke instansi pemerintah tempat anda mengabdi. Suatu hari anda kedatangan seorang tamu dan ingin bertemu dengan pimpinan anda untuk suatu urusan yang harus diputuskan pada saat itu juga. Sedangkan pimpinan anda baru saja pagi tadi harus keluar kota untuk urusan lain yang juga tidak bisa ditinggalkannya. Tamu tersebut terus mendesak anda untuk mencoba menghubungi atasan anda tapi setelah beberapa kali anda coba, nomer atasan anda tetap tidak dapat dihubungi, kemudian tamu tersebut meminta anda memberikan keputusan sikap anda
    1. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan yang ada diperusahaan
    2. Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya, dan meminta tamu tersebut datang besok
    3. Ragu – ragu dalam mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya, karena takut melakukan kesalahan
    4. Menunda – nunda pengambilan keputusan tanpa petunjuk atasan saya karena takut melakukan kesalahan
    5. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan karena sangat mendesak atasan pasti memakluminya asal benar
    Jawaban : a
    • Poin 5 : a
    • Poin 4 : e
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : c
    • Poin 1 : d
  10. Hampir setiap minggu anda selalu menjalankan dinas ke luar kota. Pekerjaan anda menuntut anda untuk selalu mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan ketika bertugas, mulai darang barang barang pribadi sampai ke dokumen penting yang harus dibawah. Kendala yang sering terjadi adalah anda agak sedikit pelupa, terkadang barang bawaan anda bisa tertinggal, belum lagi resiko kerusakan selama perjalanan atau hilang, sikap anda
    1. Menyiapkannya jauh jauh hari agar tidak lupa
    2. Selalu membawa dokumen cadangan di tempat berbeda
    3. Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja
    4. Menyimpan dokumen di dalam hard disk
    5. Tetap mempersiapkan seperti biasa yang anda lakukan
    Jawaban : c
    • Poin 5 : c
    • Poin 4 : d
    • Poin 3 : b
    • Poin 2 : a
    • Poin 1 : e