Kuis Fisika (Saintek)


  1. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!

    • Semakin cepat magnet digerakkan keluar masuk kumparan maka semakin besar arus induksi yang terjadi.
    • Semakin banyak jumlah lilitan kawat pada kumparan, semakin besar tegangan yang ditimbulkan akibat perubahan fluks magnetik.
    • Semakin besar perubahan fluks magnetik maka semakin besar arus induksi yang ditimbulkan.

    Dari pernyataan-pernyataan di atas, pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor....

  2. Sebuah benda yang mula-mula diam ditumbuk oleh benda lain. Bila massa kedua benda sama dan tumbukan lenting sempurna, maka ....

    1. setelah tumbukan, kecepatan benda yang menumbuk menjadi nol dan benda kedua kecepatannya sama dengan benda pertama sebelum menumbuk.

    2. koefisien restitusinya satu.

    3. jumlah momentum, linear kedua benda, sebelum dan sesudah tumbukan sama besar.

    4. sebelum dan sesudah tumbukan, jumlah energi kinetik kedua benda itu sama besar.

  3. Spektrometer massa digunakan untuk memisahkan dua jenis ion bermuatan sama (𝑞1 = 𝑞2) tetapi dengan massa berbeda (𝑚1 ≠ 𝑚2). Setelah dipercepat dengan beda potensial 𝑉 ion-ion tadi bergerak memasuki daerah bermedan magnet seragam 𝐵 secara tegak lurus sehingga mereka mengikuti lintasan gerak berbentuk lingkaran dengan jari-jari 𝑅. Anggaplah bahwa pada saat memasuki daerah bermedan magnet 𝐵 kecepatan kedua massa adalah 𝑣1 dan 𝑣2, serta jari-jari lintasan keduanya adalah 𝑅1 dan 𝑅2. Bila 𝑚2 = 4𝑚1 dan 𝑣1 = 2𝑣2 maka berlaku ....

  4. Suatu benda bergetar harmonic dengan amplitude 5 cm dan frekuensi 8 Hz. Saat simpangannya mencapai 2.5 cm, jika sudut fase awal nol, maka sudut fase getarannya adalah….

  5. Seorang siswa menginginkan daya listrik AC 24 W. Ia memiliki baterai 12 V dan transformator ideal yang jumlah lilitannya 100 dan 200. Ia menghubungkan lilitan 100 dengan baterai. Ternyata ia tidak mendapatkan arus listrik yang diharapkan. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah ….


  6. Seorang siswa melakukan suatu eksperimen sederhana sebagai berikut. Pada eksperimen pertama, dia menarik suatu benda dengan gaya F pada permukaan datar licin sehingga mempercepat benda dari diam sampai mencapai kelajuan v. Pada percobaan kedua, ia mempercepat dengan gaya yang sama sehingga dia menyimpulkan bahwa perbandingan usaha pada eksperimen pertama dan kedua adalah 1 : 3. Dengan demikian pada percobaan kedua, ia mempercepat dari....

  7. Seorang yang berkaca mata miopi tak mampu melihat dengan jelas benda yang terletak lebih 50 cm dari matanya, Kacamata yang dibutuhkan untuk melihat jauh harus mempunyai lensa dengan kekuatan sebesar .... dioptri.

  8. Apabila cahaya ultra ungu menyinari potasium, elektron akan terpancar dari permukaan logam tersebut. Dalam peristiwa ini ...

    1. semua elektron yang terpancar mempunyai energi sama dengan energi partikel cahaya.

    2. energi partikel cahaya sebanding dengan frekuensi cahaya.

    3. peristiwa di atas berlaku untuk semua warna cahaya.

    4. energi kinetik maksimum elektron yang terpancar lebih kecil dari energi partikel cahaya.

  9. Seseorang astronot melayang dalam kapal angkasa yang sedang mengitari bumi, karena pada posisi itu ....

    1. gaya gravitasi bumi pada astronot nol.

    2. gaya gravitasi bumi dan bulan pada astronot di orbit itu saling meniadakan.

    3. gaya gravitasi bumi dan gaya Archimedes saling meniadakan.

    4. gaya gravitasi bumi pads astronot dan kapal angkasa bertindak sebagai gaya sentripetal.

  10. Perubahan fluks medan magnet yang melewati permukaan lingkaran kawat akan menghasilkan GGL induksi maksimum jika arah keduanya sejajar.

    SEBAB

    GGL induksi dapat dihasilkan jika ada perubahan medan magnet, perubahan luas permukaan  lingkaran kawat, dan perubahan sudut keduanya.





Skor

/10