Kuis Fisika (Saintek)


  1. Agar kecepatan gerak partikel-partikel gas ideal dalam suatu ruang tertutup menjadi 3 kali kecepatan semula, maka suhunya harus dinaikkan menjadi ....

  2. Seorang siswa melakukan suatu eksperimen sederhana sebagai berikut. Pada eksperimen pertama, dia menarik suatu benda dengan gaya F pada permukaan datar licin sehingga mempercepat benda dari diam sampai mencapai kelajuan v. Pada percobaan kedua, ia mempercepat dengan gaya yang sama sehingga dia menyimpulkan bahwa perbandingan usaha pada eksperimen pertama dan kedua adalah 1 : 3. Dengan demikian pada percobaan kedua, ia mempercepat dari....

  3. Jika panjang gelombang cahaya yang digunakan pada percobaan Young digandakan, maka jarak antarpola terang yang berturutan menjadi setengah kalinya.

    SEBAB

    Interferensi maksimum pada percobaan Young terjadi jika beda panjang lintasan gelombang cahaya merupakan kelipatan setengah panjang gelombangnya.

  4. Seorang yang berkaca mata miopi tak mampu melihat dengan jelas benda yang terletak lebih 50 cm dari matanya, Kacamata yang dibutuhkan untuk melihat jauh harus mempunyai lensa dengan kekuatan sebesar .... dioptri.

  5. Perhatikan gambar di bawah ini!

    fis4-2

    Ketiga bentuk lintasan bola memiliki tinggi maksimum sama yakni h. Bentuk lintasan bola yang memiliki waktu terlama di udara adalah....


  6. Jika sebuah benda ditempatkan pada setengah jarak fokus di depan cermin cekung, akan diperoleh bayangan yang bersifat maya.

    SEBAB

    Bayangan yang bersifat maya terjadi apabila bayangan terbentuk di luar cermin.

  7. Inti atom terdiri dari neutron yang bermuatan netral dan proton yang bermuatan positif.
    SEBAB
    Kulit atom tersusun atas elektron-elektron yang bermuatan negatif dan pada atom yang netral jumlah elektron sama dengan jumlah proton di inti atom.
  8. Benda dengan massa 2 kg bergerak dengan laju konstan 10 ms−1, kemudian menabrak sebagai pegas yang dalam keadaan bebas sehingga tertekan sebesar 10 cm. Jika gesekan-gesekan diabaikan maka konstanta pegas tersebut adalah ….

  9. Pada jarak 3 meter dari sumber ledakan terdengar bunyi dengan taraf intensitas 50 dB. Pada jarak 30 m dari sumber ledakan bunyi itu terdengar dengan taraf intensitas .... (dalam dB)

  10. Sebuah pemanas listrik yang hambatannya R menggunakan sumber tegangan 10 V. Pemanas digunakan untuk memanaskan 1 liter air dari 10oC hingga 70oC. Jika 70% kalor yang dihasilkan pemanas diambil air, maka waktu yang diperlukan adalah t sekon. Jika kalor yang dihasilkan pemanas 80%-nya diambil air, maka waktu yang diperlukan adalah ....





Skor

/10