Kuis Fisika (Saintek)


  1. Perbandingan jumlah lilitan kawat pada kumparan primer dan sekunder sebuah transformator adalah 1 : 4. Tegangan dan kuat arus masukannya masing-musing 10 V dan 2 A. Jika daya rata-rata yang berubah menjadi kalor pada transformator tersebut adalah 4 W dan tegangan keluarannya adalah 40 V, maka kuat arus keluarannya bernilai ....

  2. Perhatikan gambar di bawah ini!

    14-5577069079

    Jika kuat medan magnet di titik P besarnya B. Maka, kuat medan magnet pada titik Q adalah ....

  3. Kelajuan partikel yang memiliki momentum linear 5 MeV/c dan energi relativistik total 10 MeV adalah ....

  4. Jika tembaga ditembaki elektron berenergi tinggi dalam orde puluhan keV, maka spektrum sinar-X yang terbentuk dapat mempunyai puncak tajam pada beberapa panjang gelombang tertentu yang menunjukkan karakteristik dari bahan tersebut.

    SEBAB

    Elektron berenergi puluhan keV jika ditumbukkan pada suatu bahan dapat mengalami perlambatan yang besar sehingga akan muncul gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang dalam orde panjang gelombang sinar-X.

  5. Suatu benda bergetar harmonic dengan amplitude 5 cm dan frekuensi 8 Hz. Saat simpangannya mencapai 2.5 cm, jika sudut fase awal nol, maka sudut fase getarannya adalah….


  6. Besar tegangan tali 𝑇 pada gambar di bawah ketika sistem bergerak adalah… (sin53° = 0,8)

  7. Sebuah pemanas listrik yang hambatannya R menggunakan sumber tegangan 10 V. Pemanas digunakan untuk memanaskan 1 liter air dari 10oC hingga 70oC. Jika 70% kalor yang dihasilkan pemanas diambil air, maka waktu yang diperlukan adalah t sekon. Jika kalor yang dihasilkan pemanas 80%-nya diambil air, maka waktu yang diperlukan adalah ....

  8. Ketika suatu inti mengalami peluruhan radioaktif, nomor massa inti yang baru adalah ….

  9. Perubahan fluks medan magnet yang melewati permukaan lingkaran kawat akan menghasilkan GGL induksi maksimum jika arah keduanya sejajar.

    SEBAB

    GGL induksi dapat dihasilkan jika ada perubahan medan magnet, perubahan luas permukaan  lingkaran kawat, dan perubahan sudut keduanya.

  10. Dua lampu masing-masing tertulis A(60W, 120V) dan B (60W,120V). Jika lampu A dan B dirangkai paralel  pada tegangan 60 V, maka jumlah daya  gabungan kedua lampu adalah ....





Skor

/10