Soal dan Pembahasan Sejarah (Soshum) Bagian 13

  1. Lembaga peradaban Mesir Kuno yang menjadi tulang punggung perekonomian negara karena berperan sebagai pengumpul dan penyimpan kekayaan negara dalam sebuah sistem lumbung adalah ....

    1. Kuil

    2. Wazir

    3. Kenbet

    4. Oracle

    5. Nomark

    Jawaban : b

    Lembaga peradaban Mesir Kuno yang menjadi tulang punggung perekonomian negara adalah Wazir. Wazir adalah orang kedua kerajaan. Dia juga berperan sebagai wakil yang berperan dalam masalah pembangunan di kerajaan Mesir Kuno.

  2. Perkembangan agama Budha di India mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Asoka dari Dinasti Maurya. Kebijakan Raja Asoka yang menandai puncak perkembangan agama Budha di India adalah ....

    1. Memadukan ajaran agama Hindu dan Budha

    2. Menetapkan agama Budha sebagai agama resmi negara

    3. Memeritahkan setiap rakyat untuk memeluk agama Budha

    4. Memerintahkan rakyat untuk meninggalkan agama Hindu

    5. Menjalin hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan Budha di Cina

    Jawaban : b

    Sepeninggal Chandragupta, kerajaan digantikan oleh cucunya yang bernama Asoka yang memerintah antara tahun 269-232 SM. Wilayah kekuasaannya sampai Kalingga di Pantai Timur India. Pada masa pemerintahannya, agama Budha ditetapkan sebagai agama resmi negara. Raja Asoka merupakan penganut Budha yang taat.

  3. Hubungan perdagangan antara Nusantara dan Cina telah terjadi melalui pelayaran langsung sejak adanya pengaruh Agama Hindu dan Budha di Nusantara.

    SEBAB

    Perdagangan langsung adalah perdagangan antara orang Cina dengan masyarakat Nusantara tanpa perantara.

    Jawaban : a

    Pernyataan benar
    Perdagangan antara Nusantara dan Cina telah terjadi sejak adanya pengaruh Hindu dan Budha di Nusantara. Hal ini dapat dilihat dari sumber-sumber sejarah yang menerangkan kerajaan di Indonesia seperti Tarumanegara, Mataram Kuno, dan Sriwijaya berasal dari berita-berita Cina.

    Alasan benar
    Perdagangan langsung adalah perdagangan orang Cina dengan Nusantara tanpa ada perantara pedagang lain.

  4. Alasan Stupa Borobudur diakui sebagai warisan dunia adalah ....

    1. Struktur bangunannya yang berasal dari batu andesit

    2. Letak bangunan berada di tempat yang tinggi

    3. Struktur bangunannya bertingkat-tingkat

    4. Posisi stupa ada pada setiap relung bangunan

    5. Adanya perpaduan pengaruh asing (Bud ha) dengan budaya asli

    Jawaban : e

    Alasan stupa Borobudur diakui sebagai warisan dunia adalah adanya perpaduan budaya, antara budaya asing (Budha) dan budaya asli atau adanya akulturasi budaya. Budaya Budha atau India, adanya stupa, patung sang Budha, dan relief kisah sang Budha. Budaya asli Indonesia, adanya punden berundak dan kemampuan mempertahankan budaya asli dalam menerima pengaruh asing (local genius).

  5. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim yang kuat sehingga berhasil menguasai jalur perdagangan Selat Malaka dan Selat Sunda.

    SEBAB

    Armada Kerajaan Sriwijaya dapat menjamin keamanan pelayaran dan perdagangan serta memaksa perahu dagang untuk singgah di bandar kerajaan.

    Jawaban : a

    Penyataan benar
    Sriwijaya merupakan Kerajaan Maritim yang kuat dan berhasil menguasai jalur perdagangan Selat Malaka dan Selat Sunda. Bahkan Sriwijaya berhasil menguasai semenanjung Malaya dan Tanah Genting Kra di Thailand.

    Alasan benar
    Armada kerajaan Sriwijaya terutama angkatan lautnya dapat menjamin keamanan pelayaran dan perdagangan serta memaksa perahu dagang untuk singgah.

  6. Peninggalan Kerajaan Majapahit dalam bidang karya sastra salah satunya kitab yang dikarang oleh Mpu Prapanca yang berjudul ....

    1. Sutasoma

    2. Negarakertagama

    3. Arjuna Wiwaha

    4. Pararaton

    5. Kutaramanawa

    Jawaban : b

    Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca isinya berupa sejarah berdirinya kerajaan Singosari juga terdapat kutipan kata Bhineka Tunggal lka, dibuat pada masa Kerajaan Majapahit.

  7. Kearifan lokal masyarakat Nusantara dalam menghadapi masuknya kebudayaan Hindu Budha tampak pada ....

    1. candi sebagai pemujaan

    2. bahan bangunan candi

    3. cara peribadatan di candi

    4. struktur bangunan dan ornamen candi

    5. penataan bangunan dan tata ruang candi

    Jawaban : d

    Kearifan lokal masyarakat Nusantara dalam menghadapi kebudayaan Hindu-Budha tampak pada struktur bangunan dan ornamen candi.

    Pengertian kearifan lolak adalah budaya suatu bangsa/ kepribadian suatu bangsa yang dapat menjadi identitasnya sehingga dapat menyerap dan mengolah budaya asing disesuaikan dengan identitas atau kepribadian bangsanya.

    Pada masa Hindu-Budha, kearifan lokal bangsa Nusantara tampak dalam:

    1. Struktur candi
      Struktur candi di Indonesia merupakan bentuk akulturasi budaya antara budaya Nusantara dan budaya India (Hindu-Budha). Budaya Nusantara terletak pada dasar atau pondasi candi yang merupakan bentuk punden berundak. Punden berundak adalah hasil kebudayaan masyarakat prasejarah Nusantara yang berfungsi untuk melakukan pemujaan roh/arwah nenek moyang (animisme). Budaya Hindu berupa stupa yang merupakan puncak candi, bilik dalam candi, patung atau area yang berupa patung dewa (Hindu) atau patung sang Budha (Budha).
    2. Ornamen candi
      Ornamen candi di Indonesia tetap mengisahkan perjalanan Sang Budha (Budha) dan kisah Ramayana/Mahabarata (Hindu), namun dalam kisah tersebut diceritakan dalam suasana masyarakat Indonesia. Misalnya relief dalam Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
  8. Penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Wali Songo mudah diterima oleh masyarakat Jawa pada abad ke-15 hingga abad ke-16 karena melalui ....

    1. Mubalig yang didatangkan dari Timur Tengah

    2. Ajaran tasawuf

    3. Ajaran ijtihad

    4. Kesenian

    Jawaban : c

    Penyebaran islam oleh wali songo mudah diterima karena:

    1. Melalui ajaran tasawuf
      Hal ini disebarkan di Indonesia. Sebelum islam, telah ada ajaran kebatinan sehingga ajaran islam melalui tasawuf mudah diterima.
    2. Melalui kesenian
      Para wali menyebarkan islam juga lewat kesenian, misal wayang kulit, dan gamelan. Misal ada cerita Layang Kalimo Sodo (kalimat syahadat) dan Gamelan sekaten. Ada juga yang melalui seni sastra, misal serat Ambia, Suluk, dan Syair.

    Jadi jawaban 2 dan 4 yang benar.

  9. Kerajaan Aceh mengalami perkembangan pesat selama pemerintahan Sultan lskandar Muda.

    SEBAB

    Aceh pada masa kolonial merupakan satu daerah yang paling sulit ditaklukkan Belanda.

    Jawaban : b

    Pernyataan benar
    Pada masa pemerintahan Sultan lskandar Muda (1607- 1636), Aceh mengalami puncak kejayaan. Kekuasaannya sangat luas, meliputi Sumatra Utara, Barat, dan Timur. Dan beberapa wilayah di Semenanjung Malaka (Johor dan Pahang).

    Alasan benar
    Pada masa kolonial, pemerintah Hindia Belanda sangat sulit menaklukan Aceh. Banda Aceh dapat dikuasai Belanda, namun daerah pedalaman tetap dikuasai pejuang-pejuang Aceh.

    Pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak ada hubungan sebab akibat.

  10. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia.

    SEBAB

    Agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui anggota keluarga bangsawan Demak.

    Jawaban : e

    Pernyataan salah
    Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Samudra Pasai yang didirikan sekitar sekitar abad XIII M. sedangkan kerajaan Demak berdiri pada ahir abad XV M. Kerajaan Demak adalah kerajaan islam pertama di Jawa.

    Alasan salah
    Ada beberapa teori tentang masuknya islam di Indonesia. Islam masuk ke Indonesia ada yang berpendapat dibawa pedagang Gujarat dari India. Dibawa pedagang Persia dan karena dibawa oleh orang-orang Arab. Masing-masing teori mempunyai alasan dan bukti historis yang kuat.