Soal dan Pembahasan Sejarah (Soshum) Bagian 3

  1. Berikut ini merupakan penyebab terjadinya reformasi gereja di Eropa pada abad ke-16 dan ke-17, kecuali ….

    1. kekuasaan absolut yang dijalankan Paus.
    2. perselisihan paham dan pandangan di kalangan umat.
    3. kurang cakapnya para pemimpin agama.
    4. penjualan surat pengampunan dosa.
    5. turut campurnya raja terhadap kehidupan beragama.
    Jawaban : e

    Reformasi Gereja adalah pembaharuan yang terjadi dalam bidang gereja, muncul sebagai akibat banyaknya penyimpangan yang terjadi dalam agama katholik.

    Faktor-faktor penyebab adalah:

    • adanya penyimpangan yang dilakukan gereja katholik/nasrani, misalnya:
      • penjualan surat pengampunan dosa, untuk beaya perang salib
      • kampanye idulgensia (pengampunan dosa), untuk beaya pembangunan gereja St. Petrus di Roma dengan menyumbang sejumlah uang
    • Berkembangnya faham humanisme yang memungkinkan orang untuk mempelajari ajaran Yesus yang asli yang tertulis dalam bahasa Yunani kuno. Hal itu menyebabkan orang tahu bahwa ada ajaran yang diberikan oleh gereja Nasrani yang tidak sesuai dengan ajaran Yesus yang asli.
    • Munculnya negara-negara nasional di Eropa, di mana rajanya tidak mau lagi mentaati Paus di Roma. Mereka menyadari kedudukannya sebagai kepala negaranya masing-masing. Para raja hanya mengakui kedudukan Paus sebagai kepala agama saja.
  2. Organisasi pergerakan kemerdekaan yang didirikan oleh Muhammad Hatta di negeri Belanda adalah ….

    1. Perhimpunan Pelajar Indonesia Belanda (PPIB).
    2. Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).
    3. Perhimpunan Indonesia (PI).
    4. Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI).
    5. Indische Partij (IP).
    Jawaban : c

    Berdirinya PI berawal dari didirikannya Indische Vereniging tahun 1908 di Belanda, organisasi ini bersifat moderat (selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem) sebagai perkumpulan sosial mahasiswa Indonesia di Belanda untuk memperbincangkan masalah dan persoalan tanah air. Pada awalnya Perhimpunan Indonesia merupakan organisasi sosial. Memasuki tahun 1913, dengan dibuangnya tokoh Indische Partij ke Belanda maka dibuatlah pokok pemikiran pergerakan yaitu Hindia untuk Hindia yang menjadi nafas baru. Perkumpulan mahasiswa Indonesia. Iwa Kusumasumantri sebagai ketua menyatakan 3 asas pokok Indische Vereeniging yaitu:

    1. Indonesia menentukan nasibnya sendiri
    2. Kemampuan dan kekuatan sendiri
    3. Persatuan dalam menghadapi Belanda

    Tahun 1925 Indische Vereeniging berubah menjadi Perhimpunan Indonesia dengan tujuannya Indonesia merdeka.

    Perhimpunan Indonesia di bawah pimpinan Moh. Hatta diakui oleh organisasi lain di Indonesia sebagai pelopor dalam perjuangan diplomasi ke luar negeri.

  3. Dalam kongres pertamaBudi Utomo tanggal 5 Oktober 1908 dirumuskan tujuan organisasi tersebut, kecuali ….

    1. memajukan bidang pertanian.
    2. memajukan bidang peternakan dan perdagangan.
    3. memajukan bidang teknik dan industri.
    4. memajukan kesenian.
    5. memajukan bidang kepemudaan.
    Jawaban : e

    Organisasi Budi Utomo (BU) didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh para mahasiswa STOVIA di Batavia dengan Sutomo sebagai ketuanya. Terbentuknya organisasi tersebut atas ide dr. Wahidin Sudirohusodo yang sebel umnya telah berkeliling Jawa untuk menawarkan idenya membentuk Studiefounds. Tujuan Budi Utomo adalah memajukan pengajaran dan kebudayaan.

    Tujuan tersebut ingin dicapai dengan usahausaha sebagai berikut:

    1. memajukan pengajaran;
    2. memajukan pertanian, peternakan dan perdagangan;
    3. memajukan teknik dan industri
    4. menghidupkan kembali kebudayaan.

    Dilihat dari tujuannya, Budi Utomo bukan merupakan organisasi politik melainkan merupakan organisasi pelajar dengan pelajar STOVIA sebagai intinya.

  4. VOC mampu menguasai perdagangan cengkeh di Kepulauan Maluku Utara karena ….

    1. mengadakan kontrak perjanjian dengan penguasa lokal
    2. menerapkan politik adu domba
    3. melakukan penguasaan teritorial
    4. melakukan penaklukan terhadap penguasa lokal dan melawan
    5. menerapkan kebijakan perdagangan dengan cara damai
    Jawaban : a

    Suatu ciri sistem perdagangan VOC adalah yang dinamakan partnership (kemitraan). VOC mengupayakan suatu sistem monopoli atas rempah-rempah dengan cara membina kemitraan dengan para penguasa lokal. Sampai sekitar pertengahan abad ke-16 kemitraan itu berhasil dibangun karena para penguasa lokal membutuhkan VOC untuk memerangi bangsa Portugis. Pihak VOC juga berkepenting an secara ekonomis (dagang) maupun secara politis untuk memerangi bangsa Portugis. Hal ini disebabkan adanya kepentingan bersama dalam menghadapi Portugis, walau pada pihak VOC ada tambahan kepentingan dagang sedangkan pada pihak penguasa lokal praktis unsur ekonomi itu tidak ada.

  5. Dalam masyarakat tradisonal Indonesia yang belum mengenal tulisan, kisah sejarah yang telah terjadi dua atau tiga generasi sebelumnya disampaikan melalui ….

    1. babad
    2. kakawin
    3. tradisi lisan
    4. mitos
    5. hikayat
    Jawaban : c

    Pada masyarakat pra aksara, proses pewarisan kebudayaan dilakukan dengan tradisi lisan (Kisah sejarah diungkapkan dengan bahasa secara lisan dari generasi kegenerasi).

  6. Perjanjian damai antara pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka tahun 2005 ditandatangani di ….

    1. Aceh
    2. Jakarta
    3. Swiss
    4. Finlandia
    5. Austria
    Jawaban : d

    Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka sepakat untuk berdamai setelah terlibat konflik 29 tahun yang merenggut hampir 15 ribu korban jiwa.

    Perjanjian damai yang dicetuskan Wakil Presiden kala itu, Jusuf Kalla, ditandatangi di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005. Indonesia diwakili Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaludin, sedangkan GAM mengutus Malik Mahmud Al Haytar untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tersebut.

    Sejumlah kesepakatan diteken, yang intinya GAM mencabut tuntutan untuk memisahkan diri dari Indonesia.

  7. Di Pulau Nias terdapat peninggalan bangunan yang terbuat dari batu, seperti dolmen dan patung, sementara itu di Nagari Mahat Provinsi Sumatera Barat terdapat menhir. Peninggalan sejarah di dua tempat tersebut dibuat pada masa ….

    1. Paleolithikum
    2. Mezolithikum
    3. Neolithikum
    4. Megalithikum
    5. Pleistosin
    Jawaban : d

    Zaman Megalithikum sering disebut sebagai jaman batu besar, karena kebudayaan yang dihasilkan berupa bangunan batu besar seperti, Menhir, Dolmen, Sarkophagus, Waruga, Punden berundak.

  8. Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.
    SEBAB
    Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Sukarno dan Muhammad Hatta setelah Jepang menyerah Kepada Sekutu.
    Jawaban : b

    Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Diawali pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia BPUPKI atau disebut Dokuritsu Junbi Cosakai yang akhirnya berganti nama jadi PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Pembentukan ini bertujuan untuk menegaskan bahwa ada keinginan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Kemudian, pada tanggal 9 Agustus 1945, kota Nagasaki menjadi sasaran yang kedua untuk dijatuhkan bom atom oleh Amerika Serikat dan sekutunya, sehingga itu membuat Jepang menyerahkan diri dan memilih untuk menghentikan penjajahan terhadap Indonesia.

    Akhirnya momen ini kemudian dimanfaatkan oleh Indonesia untuk bisa segera memproklamasikan kemerdekaannya yang dibacakan oleh Sukarna dan Muhammad Hatta.

    Pernyataan pertama dan kedua benar namun tidak ada hubungan sebab akibat.

  9. Sultan Hasanuddin menandatangani Perjanjian Bongaya dengan VOC pada tahun 1667.
    SEBAB
    Dalam perang melawan VOC di Makassar, Sultan Hasanuddin dibantu oleh pasukan Bone di bawah pimpinan Aru Palaka.
    Jawaban : c

    Sultan Hasanuddin menandatangani Perjanjian Bongaya dengan VOC pada tahun 1667. Namun dalam perang melawan VOC di Makassar, Sultan Hasanuddin tidak dibantu oleh pasukan Bone di bawah pimpinan Aru Palaka. Bahkan Arupalaka sebagai raja Bone adalah musuh.

    Pernyatan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  10. Revolusi industri mengubah cara produksi dari kegiatan industri rumahan menjadi industri besar.
    SEBAB
    Revolusi Industri pertama kali terjadi di Inggris dan kemudian menyebar ke negara-negara lain seperti Amerika Serikat, jerman, dan Prancis.
    Jawaban : b

    Revolusi Industri merupakan periode antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi Industri dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan akhirnya ke seluruh dunia.

    Pernyatan pertama dan kedua benar tetapi tidak ada hubungan sebab akibat.