Soal dan Pembahasan Sejarah (Soshum) Bagian 5

  1. Pergerakan Serikat Islam diibaratkan sebagai kebakaran padang rumput kering bagi pemerintah kolonial.
    SEBAB
    Sarekat Islam adalah organisasi informal yang terbuka untuk semua kalangan masyarakat.
    Jawaban : c

    SI bukan organisasi informal.

    SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. Tujuan SI adalah membangun persaudaraan, persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim. Pada waktu SI mengajukan diri sebagai Badan Hukum, awalnya Gubernur Jendral Idenburg menolak. Badan Hukum hanya diberikan pada SI lokal. Walaupun dalam anggaran dasarnya tidak terlihat adanya unsur politik, tapi dalam keg iatannya SI menaruh perhatian besar terhadap unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Artinya SI memiliki jumlah anggota yang banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda.

    Seiring dengan perubahan waktu, akhirnya SI pusat diberi pengakuan sebagai Badan Hukum pada bulan Maret tahun 1916.

  2. Revolusi nasional mengakibatkan perubahan struktur sosial di Indonesia yang ditandai dengan hilangnya kekuasaan para raja di Jawa dan Sumatera.
    SEBAB
    Para raja di Jawa dan Sumatera mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Jawaban : d

    Pernyataan nomor 1 salah karena tidak seluruhnya kekuasaan raja hilang. Tetapi masih ada seperti di Yogyakarta. Pernyataan kedua benar.

  3. Pada masa demokrasi terpimpin, pemerintah RI mengeluarkan manifesto kebudayaan untuk menyatukan para seniman dan budayawan Indonesia.
    SEBAB
    Seniman dan budayawan yang berafiliasi pada Partai Komunis Indonesia mendirikan Lembaga Kesenian Rakyat (LEKRA).
    Jawaban : d

    Manifes kebudayaan adalah konsep kebudayaan yang mengusung humanisme universal. Manifes Kebudayaan ini muncul diprakarsai oleh H.B Jassin, Trisno Sumardjo, Wiratmo Soekito, Zaini, Bokor Hutasuhut, Goenawan Mohamad, A. Bastari Asnin, Bur Rasuanto, Soe Hok Djin, D.S Moeljanto, Ras Siregar, Hartojo Andangdjaja, Sjahwil, Djufri Tanissan, Binsar Sitompul, Gerson Poyk ,Tauiq Ismail, M. Saribi, Poernawan Tjondronegoro, Ekana Siswojo, Nashar dan Boen S. Oemarjati. Manifes Kebudayaan ini adalah bentuk respon dari teror-teror dalam ranah budaya yang dilancarkan oleh orang-orang yang tergabung dalam Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat).
    Pernyataan pertama salah.

    Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra), merupakan organisasi kebudayaan sayap kiri di Indonesia. Lekra didirikan atas inisiatif D.N. Aidit, Nyoto, M.S. Ashar, dan A.S. Dharta pada tanggal 17 Agustus 1950, Lekra mendorong seniman dan penulis untuk mengikuti doktrin realisme sosialis.
    Pernyataan kedua benar.

  4. Penguasaan atas Timor Timur pada tahun 1975 dilandasi sikap antikomunisme pemerintah Indonesia.
    SEBAB
    Sebelum dikuasai Indonesia, Timor Timur merupakan wilayah yang dikuasai Fretilin yang berhaluan komunis.
    Jawaban : d

    Penguasaan terhadap Timor Timur dilandasi oleh sikap anti kolonialisme.

    Pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Pada tahun 1998 terjadi tuntutan reformasi yang meluas di Indonesia.
    SEBAB
    Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
    Jawaban : a

    Dengan semangat reformasi, rakyat Indonesia menghendaki adanya pergantian kepemimpinan nasional sebagai langkah awal menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur. Pergantian kepemimpinan nasional diharapkan dapat memperbaiki kehidupan politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya. Indonesia harus dipimpin oleh orang yang memiliki kepedulian terhadap kesulitan dan penderitaan rakyat. Pasca runtuhnya rezim politik Orde Baru-nya Suharto yang otoriter di tahun 1998. Indonesia, kemudian memasuki masa Reformasi, yang lantas disebut juga Orde Reformasi.

    Pernyataan pertama dan pernyataan kedua benar dan berhubungan.

  6. Hasil kebudayan masyarakat kuno di Lembah Sungai Indus yang menggambarkan bangunan rumah dengan kamar-kamar yang dilengkapi jendela-jendela yang lebar dan berhubungan langsung udara bebas menunjukkan bahwa masyarakat kuno Lembah Sungai Indus telah memerhatikan ….

    1. teknologi bangunan
    2. keindahan rumah
    3. musim
    4. kesehatan
    Jawaban : e

    Semua option jawaban benar.

    Peradaban Lembah Sungai Indus antara lain:

    1. Sanitasi (Kesehatan)
      Masyarakat yang bertempat tinggal di kota Mahenjo-Daro dan telah memikirkan masalah-masalah sanitasi dan kesehatan. Hal ini terlihat dari teknik-teknik atau caracara pembangunan rumah yang telah memperhatikan faktor-faktor kesehatan dan kebersihan lingkungan. Kamar-kamar dilengkapi dengan jendela-jendela yang lebar dan berhubungan langsung dengan udara bebas, sehingga perputaran dan pergantian udara cukup lancar. Di samping itu saluran pembuangan limbah dari kamar mandi dan jamban yang ada di dalam rumah dihubungkan langsung dengan jaringan saluran umum yang dibangun dan mengalir di bawah jalan, di mana pada setiap lorong terdapat saluran air yang mengarah ke sungai.
    2. Teknologi
      Masyarakat lembah Sungai Indus sudah memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka telah mampu membuat barang-barang yang terbuat dari emas dan perak, alat-alat rumah tangga, alat-alat pertanian, kain dari kapas, serta bangunan-bangunan. Kemampuan ini dapat diketahui melalui peninggalanpeninggalan budaya yang ditemukan, seperti bangunan kota Mahenjo-Daro dan Harrapa, berbagai macam patung, perhiasan emas perak, dan berbagai macam materai dengan lukisan yang bermutu tinggi.
    3. Sistem Kebudayaan
      Peradaban Lembah Sungai Indus ditemukan di dua tempat, yakni Harrapa (daerah hulu Punjab) dan Mahenjo Daro di daerah hilir sungai Indus. Dari penemuanpenemuan yang diperoleh dapatlah diketahui bahwa peradaban Lembah Sungai Indus telah tinggi. Beberapa penemuan hasil peradaban daerah tersebut adalah:
      1. Kota Harappa dan Mahenjo Daro
        Kota Harappa dan Mahenjo Daro merupakan kota kuno daerah Pakistan yang dibangun berdasarkan tata kota yang baik. Jalan-jalan di kedua kota tersebut dibuat lurus. Pembangunan kota juga memperhatikan arah angin muson (Barat Daya - Timur Laut), sehingga arus angin dalam kota lancar. Di kanan kiri jalan dibangun saluran air dalam tanah untuk menampung air dari rumah-rumah.
      2. Benda-­Benda Purba
        Benda-benda purba yang merupakan lempeng-lempeng tanah (terracotta) berbentuk segi empat dan bergambarkan binatang seperti gajah, harimau, sapi, badak atau pohon-pohonan seperti beringin. Di bawahnya terdapat tulisan yang belum terbaca betul maksudnya, tetapi diperkirakan bahwa antara tulisan dan gambar ada hubungannya. Huruf-huruf itu disebut pietograph yang berarti tulisan gambar. Lempeng-lempeng tanah tersebut menunjukkan adanya kepercayaan menyembah binatang atau pohon-pohon dan benda-benda yang merupakan jimat.
  7. Faktor penyebab terjadinya revolusi industri di Inggris adalah ….

    1. kolonisasi Inggris di India dan Malaysia
    2. ketersediaan bahan-bahan tambang
    3. imperialisme Inggris di Amerika dan Asia
    4. kemampuan berinovasi dalam teknologi
    Jawaban : c

    Option 2 dan 4 benar.

    Revolusi Industri terjadi di Inggris karena sebab-sebab berikut:

    1. Situasi politik yang stabil. Adanya Revolusi Glorius tahun 1688 yang mengharuskan raja bersumpah setia kepada Bill of Right sehingga raja tunduk kepada undangundang dan hanya menarik pajak berdasarkan atas persejutuan parlemen.
    2. Inggris kaya bahan tambang, seperti batu bara, biji besi, timah, dan kaolin. Di samping itu, wol juga yang sangat menunjang industri tekstil.
    3. Adanya penemuan baru di bidang teknologi yang dapat mempermudah cara kerja dan meningkatkan hasil produksi, misalnya alat-alat pemintal, mesin tenun, mesin uap, dan sebagainya.
    4. Kemakmuran Inggris akibat majunya pelayaran dan perdagangan sehingga dapat menyediakan modal yang besar untuk bidang usaha. Di samping itu, di Inggris juga tersedia bahan mentah yang cukup karena Inggris mempunyai banyak daerah jajahan yang menghasilkan bahan mentah tersebut.
    5. Pemerintah memberikan perlindungan hukum terhadap hasil-hasil penemuan baru (hak paten) sehingga mendorong kegiatan penelitian ilmiah. Lebih-lebih setelah dibentuknya lembaga ilmiah Royal Society for Improving Natural Knowledge maka perkembangan teknologi dan industri bertambah maju.
    6. Arus urbanisasi yang besar akibat Revolusi Agraria di pedesaan mendorong pemerintah Inggris untuk membuka industri yang lebih banyak agar dapat menampung mereka.
  8. Keputusan Konferensi Yalta pasca-Perang Dunia II pada tahun 1945 adalah ….

    1. lahirnya Pakta Warsawa
    2. terpisahnya Jerman Barat dan Jerman Timur
    3. perencanaan konferensi Postdam
    4. menyerahnya Jerman tanpa syarat
    Jawaban : e

    4 saja yang benar.

    Konferensi Yalta menghasilkan kesepakatan utama, yaitu sebagai berikut:

    1. Rencana penyerahan tanpa syarat Jerman. Pendudukan Jerman akan dikuasai Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Uni Soviet.
    2. Rencana konferensi pembentukan PBB di San Fransisco pada tanggal 25 April 1945.
    3. Rencana Uni Soviet memaklumkan perang terhadap Jepang setelah kekalahan Jerman dengan kompensasi pemberian wilayah Sakhalin Selatan, Kepulauan Kuril, serta pengembalian Potr Arthur dan Dairen kepada status semula pada tahun 1904. Sedangkan jalan kereta api Manchuria akan dikuasai bersama oleh Cina dan Uni Soviet.
  9. Penyebab munculnya Perang Dingin adalah ….

    1. perbedaan ekonomi liberalis dan sosialis
    2. perebutan wilayah antarblok
    3. perbedaan paham antara Blok Barat dan Blok Timur
    4. dukungan negara-negara Asia Afrika pada Blok Barat
    Jawaban : b

    Option 1 dan 3 benar.

    Perang Dingin atau yang sering disebut “Perang Urat Syaraf” adalah perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan dari konlik-konlik kepentingan, supremasi, perbedaan ideologi, dan lain sebagainya antara blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet.

    Secara umum, Perang Dingin terjadi akibat dipicu oleh hal-hal sebagai berikut.

    1. Perbedaan dan Pertentangan Ideologi
      Amerika Serikat adalah negara yang berideologi liberal kapitalis, sedangkan Uni Soviet adalah negara yang berideologi sosialis komunis. Sejak awal kelahirannya, paham sosialis komunis memang tidak sejalan dengan paham liberal kapitalis. Bahkan, kelahiran sosialis komunis memang dipicu adanya liberal kapitalis yang pada waktu itu bertindak sewenang-wenang. Akibat perbedaan ideologi, setelah musuh bersama (Jerman) dapat mereka lenyapkan dalam Perang Dunia II, pertentangan ideologi kembali terjadi. Akibatnya, kedua kekuatan adidaya tersebut berusaha saling mengalahkan. Salah satu caranya adalah memengaruhi negara-negara lain untuk bergabung dalam kelompoknya. Oleh karena itu, dunia ini akhirnya seolah-olah terbagi menjadi Blok Barat yang berpaham liberal kapitalis dengan Amerika Serikat sebagai pemimpinnya, dan Blok Timur yang berpaham sosialis komunis dengan Uni Soviet sebagai pemimpinnya.
    2. Perebutan Dominasi Kepemimpinan
      Amerika Serikat dan Uni Soviet saling berusaha menjadi pemimpin dunia. Mereka memimpikan dapat berkuasa dan memimpin dunia seperti masa kejayaan Inggris dan Prancis pada masa imperialis kuno.
  10.  Kemajuan iptek yang menambah persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur pasca-Perang Dunia II adalah ….

    1. pembangunan jalan bawah laut
    2. teknologi pesawat tanpa awak
    3. perang teknologi informasi
    4. penjelajahan luar angkasa
    Jawaban : c

    Option 2 dan 4 benar.

    Persaingan Di Segala Bidang Perang Dingin
    Blok Barat Blok Timur
    Anggota Blok Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Perancis, Belanda, Belgia, Portugal, Islandia, Norwegia, Luksemburg dan Denmark. Uni Soviet, Jerman Timur, Polandia, Bulgaria, CekoSlovakia, Hongaria dan Albania.
    Inteligent CIA dan MIG KGB
    Ruang Angkasa
    1. Roket Mercury 7(Alan Bartlett Shepard), Friendship IV(John H. Glenn), Apollo 11(Neil Armstrong)-Apollo 17.
    2. Kapal Ulang Alik Columbia, Chalengger, Discovery, dan Atlantis.
    3. Satelit Explorer I, Explorer II, Discovere, dan Vanguard.
    1. Roket Lunik I, Lunik II, Vostok I(Yuri Gagarin), Vostok II (Gherman Stepanovich Titov).
    2. Kapal Ulang Alik Buran.
    3. Satelit Spunik I(tanpa awak) dan Sputnik II(dengan seekor anjing).
    Politik Ekonomi Marshall Plan, Doktrin Truman dan MSA. Molotov Plan, Doktrin Brezhnev dan Comicon.
    Persenjataan
    1. Bom Atom Bom jenis Hydrogen yaitu Bom Mike seberat 82 ton dan Bom Castle Bravo seberat 10,7 ton.
    2. Pesawat Tempur F-22 “Raptor”.
    3. Kapal Selam Kapal Selam nuklir kelas Ohio.
    4. Tank Tempur Tank M1 Abrams.
    5. Kapal Induk USS George Bush.
    6. Misil Peacekeeper MX ICBM yang memiliki 10 hulu ledak nuklir.
    1. Bom Atom Tsar Bomba seberat 27 ton (panjang 8 meter) atau Rajanya bom dari segala bom yang ada.
    2. Pesawat Tempur Sukhoi T-50 PAK FA.
    3. Kapal Selam Kapal Selam Kelas Thypoon.
    4. Tank Tempur Tank T-90 S.
    5. Kapal Induk Admiral Kuznetsov.
    6. Misil R-36M2 Voyevoda ICBM seberat 8,8 ton ini mengangkut 750 kilo ton TNT dan memiliki 10 hulu ledak nuklir.
    Paham Liberal-Kapitalis Komunis-Sosialis
    Aliansi Pertahanan NATO, SEATO, CENTO, dan ANZUS. Pakta Warsawa dan Cominform