Materi Online


Deret Gambar - SKD/TKD



Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola tersebut.

Untuk dapat mengerjakan deret gambar ini maka kita harus konsentrasi, hati-hati dan teliti, karena bentuk-bentuk gambar yang ditampilkan hampir serupa walau tak sama. Terkadang kita akan melihat ada beberapa gambar yang terlihat sama, padahal ada bagian kecil yang membuat kita terjebak. Untuk itulah kita juga harus memperhatikan bagian-bagian dari gambar tersebut secara detail dan mengikuti pola/iramanya.

Berikut adalah variasi pola gambar yang sering di munculkan dalam tes penalaran gambar.

 

1. Rotasi gambar

Dalam pola ini kita akan diberikan suatu gambar, lalu kita harus mencari gambar yang serupa dari pilihan yang diberikan. Pilihan gambar tersebut akan diputar dengan derajat tertentu. Selain gambar diputar, biasanya ada juga bagian kecil dari gambar yang diubah untuk membuat kita terjebak.

 

Gambar yang serupa dengan soal adalah gambar pada opsi C (diputar 45o searah jarum jam).

 

Gambar yang serupa dengan soal adalah gambar pada opsi E (diputar 90o searah jarum jam).

 

 

2. Melanjutkan gambar

Dalam bagian ini, kita harus mengamati pola dari beberapa gambar dan menentukan lanjutan dari gambar-gambar tersebut. Lanjutan gambar tersebut haruslah logis dan konsisten dari gambar-gambar sebelumnya.

 

Pada gambar berikutnya, akan bertambah satu garis pada bagian belakang.

 

Arah kepala panah akan berlawanan arah pada gambar berikutnya. Posisi panah juga semakin menurun sedikit kebawah. Sehingga gambar yang ditanyakan adalah B.

 

 

3. Membandingkan gambar

Bagian ini hampir sama konsepnya dengan analogi kata, hanya saja disajikan dalam bentuk gambar. Terdapat gambar yang akan dibandingkan terlebih dahulu, lalu konsep perbandingan tersebut akan digunakan untuk membandingkan gambar lainnya.

 

Pada setiap gambar terdapat 4 kotak yang berisi bangun datar. Posisi letak bangun datar tidak berubah, yang berubah adalah bangun datar itu sendiri.

  • Segitiga menjadi segiempat
  • Segiempat menjadi segilima
  • Segilima menjadi segienam
  • Segienam menjadi segitujuh

Sehingga jawabannya adalah E.

 

Bagian luarnya bertambah satu sisi, yaitu segiempat menjadi segilima. Sedangkan bintang didalamnya berkurang satu, yaitu dari tujuh menjadi enam. Sehingga jawabannya adalah C, segitiga menjadi segiempat, jumlah bintang berkurang satu menjadi lima. Perhatikan juga bahwa gambar kedua tidak memiliki warna.

 

 

4. Gambar yang berbeda

Pada bagian ini akan terdapat beberapa gambar dari pilihan yang diberikan, dan kita diharuskan untuk menentukan salah satu gambar yang berbeda dengan gambar lainnya.

 

Didalam setiap bangun datar diatas diberi garis pemisah sehingga kita bisa melihat bentuk-bentuk baru didalamnya. Perhatikan bahwa bentuk-bentuk tersebut simetris pada gambar A, B, dan C. Sehingga jawabannya adalah D karena gambar tersebut berbeda dengan yang lainnya.

 

 

5. Bayangan gambar

Dalam bagian ini, kita akan diberikan suatu gambar lalu menentukan bayangan dari gambar tesebut atas suatu cermin yang diletakkan pada posisi tertentu. Bayangan tersebut bisa dari bawah, atas, kiri, kanan dan dari berbagai arah lainnya.

 

 

 

6. Tebak 9 kotak gambar

Pada bagian ini, akan disediakan 9 kotak yang hanya berisi beberapa gambar. Tugas kita adalah mencari gambar yang cocok untuk dimasukkan dalam kotak yang kosong tersebut. Biasanya hanya ada satu kotak yang kosong, dan kita harus mencari gambar yang sesuai dengan gambar lainnya.

 

 

 

7. Jaring-jaring gambar

Tipe soal ini mengharuskan kita mencari jaring-jaring atas suatu benda 3 dimensi (bangun ruang). Misalnya, sebuah kubus, kita harus membongkar kotak tersebut menjadi jaring-jaring atau sebaliknya, dari jaring-jaring menjadi bentuk kubus.

 

 

 

Penjelasan diatas merupakan beberapa variasi dari tes gambar dan masih banyak lagi variasi lainnya. Namun, berdasarkan analisis atas lima tahun belakangan, tipe soal tes gambar yang dimunculkan hanyalah pola 1, 2, dan 3 saja. Namun, untuk persiapan diri yang lebih baik, kita perlu untuk mengetahui tipe soal lainnya, karena mungkin saja untuk tahun berikutnya akan ada variasi baru yang dimunculkan selain ketiga pola tersebut.