Materi Online


Waktu, Jarak, dan Kecepatan - SKD/TKD



Berapa lama waktu yang diperlukan untuk tiba disekolah? Seberapa jauh jarak ke sekolah? Berapa kecepatan yang diperlukan agar tiba tepat waktu di sekolah? Hal tersebut tanpa sadar sering terpikir dalam benak kita.

Waktu, jarak, dan kecepatan tentunya sudah sangat dekat dengan keseharian kita. Bab ini akan membahas terkait hal tersebut dan pengaplikasiannya dengan kehidupan sehari-hari. Ketiga komponen tersebut merupakan kunci utama dalam menguasai bab ini dengan baik.

 

 

A. Waktu


Waktu adalah lama berlangsungnya suatu kejadian. Satuan waktu yang paling sering digunakan adalah detik, menit, jam. Selain itu, ada juga hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya tergantung dari keadaan pertanyaannya.

Biasanya satuan antara pertanyaan dan jawaban yang dibutuhkan berbeda, sehingga kita perlu mengkonversinya terlebih dahulu agar satuannya menjadi sama. Untuk itu, kita juga perlu mengetahui hubungan antara suatu satuan waktu dengan satuan waktu yang lainnya.

1 menit = 60 detik
1 jam      = 60 menit = 3.600 detik
1 hari      = 24 jam
1 tahun = 12 bulan = 52 minggu = 365 hari

Hubungan satuan waktu diatas yang paling sering dipakai, namun juga perlu untuk mengetahui hubungan satuan waktu lainnya sebagai persiapan diri yang lebih baik.

Waktu untuk menyusul (arah sama)

Waktu untuk berpapasan (arah berlawanan)

 

 

B. Jarak


Jarak adalah angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu. Satuan yang paling umum digunakan adalah satuan panjang meter (m), namun kembali kepada pertanyaannya sehingga kita juga harus mengkonversi satuannya terlebih dahulu bila diperlukan. Dibawah ini adalah gambar yang menjelaskan hubungan antar satuan panjang.

Dari tangga diatas maka kita dapat mengambil beberapa contoh hubungan antar satuan panjang berikut :

1 km = 10 hm = 100 dam = 1000 m
1 m   = 10 dm = 100 cm   = 1000 mm
1 m   = 0,001 km
1 mm = 0,000001 km

Dengan memahami konsep dari tangga diatas, maka kita dapat dengan mudah mengkonversi satuan panjang tanpa perlu menghapal satu per satu.

 

 

C. Kecepatan

Kecepatan merupakan besaran yang menunjukkan seberapa cepat suatu benda berpindah dari satu tempat ketempat lainnya dengan satuan waktu tertentu. Dari pengertian tersebut terlihat bahwa kecepatan dapat diukur dengan menggunakan komponen jarak yang dibandingkan dengan waktu. Sehingga satuan kecepatan berupa jarak/waktu.
Misalnya km/jam, meter/detik, dan lainnya.

Kecepatan Rata-Rata

 

Hubungan Waktu, Jarak dan Kecepatan


Hubungan ketiga komponen tersebut dapat digambarkan melalui rumus berikut :

Dari rumus diatas dapat kita ketahui rumus jarak dan waktu juga :

 

TRIK :

Agar lebih mudah dalam menghapal ketiga rumus diatas, dapat digunakan trik segitiga dibawah ini.

Untuk mengetahui rumus dari salah satu komponen diatas, tutuplah komponen yang akan dicari rumusnya, dan bagian yang tidak tertutup merupakan rumus komponen tersebut.

  • Tutuplah komponen jarak dengan tangan, maka bagian yang tidak tertutup adalah kecepatan dan waktu yang bersebelahan. Bila posisinya bersebelahan, maka kita menganggapnya sebagai perkalian. Sehingga rumus dari jarak adalah kecepatan dikalikan dengan waktu.
  • Bila bagian yang tidak tertutup posisinya satu diatas dan yang satunya dibawah, maka kita menganggapnya sebagai pembagian. Cobalah tutup kecepatan dan waktu secara bergantian sebagai latihan.

 

Pengaplikasiannya

Seperti yang telah dijelasnya diawal bab sebelumnya, bahwa waktu, jarak dan kecepatan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita dan sering kita terapkan baik sadar maupun tidak sadar. Penghitungan dalam materi ini mungkin akan kita perlukan nantinya dalam keadaan tertentu. Misalnya, saat kita terlambat berangkat sekolah, kita sudah mengetahui jarak dari rumah menuju sekolah dan waktu yang tersisa sebelum gerbang sekolah ditutup. Maka dengan menerapkan materi bab ini, kita dapat menentukan berapa kecepatan motor yang harus kita kendarai agar tiba tepat waktu disekolah. Tapi harus selalu mengutamakan keselamatan ya walaupun akhirnya terlambat.

 

TIPS :

  • Biasanya soal yang diberikan dalam bentuk cerita yang lumayan panjang. Untuk memudahkan kita dalam mengerjakannya, cari terlebih dahulu komponen apa yang ditanya dan komponen yang sudah diketahui. Lalu cermati apakah perlu dikonversi atau tidak satuannya. Selanjutnya tinggal masukkan saja ke rumus dan didapat hasilnya.
  • Sering latihan dengan memanfaatkan kegiatan sehari-hari agar semakin terlatih.

 

Resultan waktu dan kecepatan

Jika t1 adalah waktu yang dibutuhkan orang pertama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, t2 adalah waktu yang diperlukan oleh orang kedua untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama, dan orang berikutnya, maka resultan waktu jika mereka mengerjakannya bersama-sama adalah :

Jika v1 adalah kecepatan orang pertama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, v2 adalah kecepatan orang kedua untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama, dan orang berikutnya, maka resultan kecepatannya adalah sebagai berikut :

 

Contoh Soal :

1. Si Lisa dan si Mirna memiliki pekerjaan sebagai asisten rumah tangga. Waktu yang dibutuhkan oleh si Lisa dalam mencucui piring adalah 30 menit, sedangkan waktu yang dibutuhkan si Mirna adalah 60 menit. Jika si Lisa dan si Mirna bekerja bersama-sama dalam mencuci piring tersebut, maka waktu yang dibutuhkan adalah ...

  1. 15 menit
  2. 30 menit
  3. 45 menit
  4. 60 menit
  5. 20 menit

Jawab :

 

2. Jarak kota A dan B adalah 120 km. Jika x = lama waktu tempuh dari A ke B dengan kecepatan 75 km/jam, dan y = lama waktu tempuh dari A ke B dengan kecepatan 30 m/s, maka ...

  1. x < y
  2. x = y
  3. x > y
  4. 2x > y
  5. hubungan x dan y tidak dapat ditemukan

Jawab :

 

3. Seorang anak bernama Intan setiap pagi selalu berolah raga memutari sebuah lapangan dengan keliling 0,5 km. Apabila dengan kecepatan lari 5 km/jam Intan mampu memutari lapangan sebanyak 5 kali, berapa lamakah Intan lari setiap paginya ?

  1. 10 menit
  2. 30 menit
  3. 50 menit
  4. 40 menit
  5. 20 menit

Jawab :

  • Setiap hari Intan berlari dengan jarak 2,5 km (0,5 x 5)
  • waktu=  jarak/kecepatan=  (2,5 km)/(5 km/jam)=0,5 jam
  • maka Intan setiap hari berlari selama 30 menit.

 

4. Seorang anak bernama Intan dalam 1 menit dapat membuat 10 simpul pita, sedangkan Joko dapat membuat dua kali lipatnya. Jika Intan mulai bekerja 15 menit lebih awal dari Joko, dan keduanya selesai setelah Joko bekerja selama 1 jam maka banyak simpul yang dihasilkan keduanya adalah ...

  1. 450
  2. 1950
  3. 2700
  4. 2250
  5. 1800

Jawab :

Stotal = SIntan + SJoko
Stotal = (10 x 75 menit) + (20 + 60 menit) = 1.950

 

5. Jika sebuah benda bergerak dengan kecepatan delapan kaki perdetik, berapakah jarak yang ditempuhnya selama setengah jam ? (1 kaki = 0,3048 meter)

  1. 4,39 kilometer
  2. 8,78 kilometer
  3. 43,9 meter
  4. 438,9 centimeter
  5. 1440 meter
  • Jawab :kecepatan = 8 kaki/detik
    waktu = 30 menit = 1800 detik
  • jarak = kecepatan x waktu
    jarak = 8 x 1800 = 14.400 kaki = 4.389 meter = 4,39 kilometer

 

6. Bani bersepeda dari kota X ke kota Y dengan kecepatan 40 km/jam kemudian kembali lagi ke kota X dengan kecepatan 20 km/jam. Jika x adalah kecepatan rata-rata bersepeda Bani dan y=26 2/3 km/jam maka ...

  1. x > y
  2. x < y
  3. x = y
  4. hubungan antar x dan y tidak dapat ditentukan

Jawab :