Kuis Geografi (Soshum)


  1. Ketidakmerataan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan konsep lokasi relatif.
    SEBAB
    Hasil kajian kependudukan tidak dapat menunjukkan secara pasti jumlah dan konsentrasi penduduk di Indonesia.
  2. Analisis hubungan manusia dan lingkungan isik buatan yang dapat diterapkan untuk menentukan faktor penyebab banjir kota adalah ….

  3. Tujuan utama proses interpretasi citra dalam penginderaan jauh adalah ….

  4.  Pada umumnya pengolahan tanah di daerah tegalan dengan crop rotation tujuannya ....

  5. Dataran aluvial sangat potensial untuk pengembangan pertanian dan permukiman karena didukung oleh banyak faktor, yaitu ….

    1. morfologi datar dan daya dukung lahan tinggi
    2. tersusun oleh tanah aluvial yang subur
    3. ketersediaan air permukaan yang melimpah
    4. adanya akifer yang potensial

  6.  Jumlah penduduk A = 213.300 jiwa, dan kota B = 23.700  jiwa, jarak AB = 70 km. Titik henti untuk kota A dan kota B  adalah ....

  7. Erosi air laut adalah proses masuknya air laut ke daratan kepesisir melalui porositas tanah/ batuan membentuk interface.

    SEBAB

    Pengambilan  air tanah besar-besaran melebihi debit jenisnya, disertai kurang upaya konservasi air untuk memberi umpan daerah resapan air, menyebabkan kekosongan lapisan akuifer.

  8. Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 skala richter di Yogyakarta tahun 2006 mengakibatkan kerusakan hebat pada berbagai bangunan terutama permukiman. Kerusakan terbanyak terjadi di wilayah kabupaten Bantul Yogyakarta dan kabupaten Klaten Jawa Tengah. Gempa tersebut juga menimbulkan korban jiwa sekitar 5000 orang. Kajian geografi tersebut menggunakan prinsip....

  9.  El-Nino dan La-Nina merupakan peristiwa meningkat dan menurunkannya suhu permukaan air laut di pantai Peru - Equador (Amerika Selatan).

    SEBAB

    Terjadi pertemuan air laut yang panas dari Indonesia dan Amerika Tengah sehingga massa air laut panas terakumulasi dalam jumlah besar.

  10. Perhatikan gambar berikut!

    Berdasarkan gambar di atas berapa skalanya jika diketahui suatu objek dengan ketinggian di A difoto dari pesawat dengan fokus kameranya 100mm.





Skor

/10