FAQ Seputar SBMPTN


Clarymond Simbolon 23 Jan 7:12 am
Message User Image
Pagi Bro...
Saya mau nanya seputar SBMPTN boleh nggak?
BelajarBro 23 Jan 7:12 am
Message User Image
Selamat pagi...
Boleh kok Bro, tanya aja sepuasnya... Hehehe
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:14 am
Message User Image
Bro, yang boleh ikut SBMPTN 2019 ini siapa aja?
BelajarBro 23 Jan 7:15 am
Message User Image
Untuk tahap UTBK, semua Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019, alumni SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017/2018, dan lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018. Untuk SBMPTN 2019, selain prasyarat di atas, syarat lain adalah memiliki nilai hasil UTBK, memiliki ijazah SMA (untuk lulusan satu tahun sebelumnya), dan tidak lulus SNMPTN.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:21 am
Message User Image
Tahapan penerimaan SBMPTN tahun ini apa aja Bro?
BelajarBro 23 Jan 7:22 am
Message User Image
Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:22 am
Message User Image
Cara daftarnya gimana bro?
BelajarBro 23 Jan 7:24 am
Message User Image
Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara sebagai berikut.
  1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  3. Mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:25 am
Message User Image
Borang portofolio itu apa sih bro?
BelajarBro 23 Jan 7:26 am
Message User Image
Khusus untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2019. Jenis Portofolio SBMPTN 2019 adalah:
  1. Portofolio Olahraga
  2. Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
  3. Portofolio Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)
  4. Portofolio Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater/Drama)
  5. Portofolio Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)
  6. Portofolio Seni Karawitan
  7. Portofolio Etnomusikologi
  8. Portofolio Fotografi
  9. Portofolio Film dan Televisi


Clarymond Simbolon 23 Jan 7:32 am
Message User Image
Bro, saya kan mau ikut program bidikmisi, persyaratan dan cara ikutnya gimana bro?
BelajarBro 23 Jan 7:33 am
Message User Image
Berikut adalah persyaratan pendaftar Bidikmisi:
  1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  6. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:34 am
Message User Image
O iya, kuota yang diterima gimana Bro?
BelajarBro 23 Jan 7:34 am
Message User Image
Pada pelaksanaannya kali ini, SBMPTN mendapat kuota lebih tinggi dibandingkan jalur masuk perguruan tinggi negeri lainnya. Pada SBMPTN 2019, daya serap calon mahasiswanya mencapai 40 persen. Sedangkan, untuk Seleksi Mandiri memiliki kuota 30 persen, dan terakhir SNMPTN 2019 alias jalur rapor maksimal 20 persen. Sisa kuota 10 persen dialokasikan ke jalur lain kecuali untuk Ujian Mandiri.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:35 am
Message User Image
Katanya ujiannya pakai komputer ya Bro?
BelajarBro 23 Jan 7:36 am
Message User Image
Iya bro. Berbeda dengan pelaksanaan SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya yang ujiannya tertulis (UTBC), kali ini metode ujian hanya ada satu. Metode itu ialah Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:40 am
Message User Image
Hmmm, ada biayanya gak Bro?
BelajarBro 23 Jan 7:41 am
Message User Image
Soal biaya, pada dasarnya tidak ada perubahan signifikan dari SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Sebab, jalur masuk SBMPTN ini pada dasarnya merupakan upaya Pemerintah Indonesia untuk memberikan jalan seluas-luasnya kepada calon-calon mahasiswa dari berbagai kalangan.
Oleh sebab itu, biaya yang akan kamu keluarkan untuk mendaftarkan diri di SBMPTN 2019 tidaklah besar. Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp200.000 untuk satu kali ujian. Bila kamu ikut ujian kedua, maka kamu akan mengeluarkan dana yang sama.
Clarymond Simbolon 23 Jan 7:55 am
Message User Image
Ujiannya kan bisa 2 kali Bro. Itu gimana sih maksudnya?
BelajarBro 23 Jan 7:56 am
Message User Image
Peserta Tes SBMPTN 2019 dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali dengan membayar uang pendaftaran UTBK sebanyak Rp. 200.000 pada setiap tes. Peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan, pada dua kali UTBK, dengan jenis soal akan sama, namun pertanyaannya akan berbeda. Setiap peserta diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN.
Clarymond Simbolon 23 Jan 8:05 am
Message User Image
Nah, ujiannya memang harus dua kali atau bisa sekali aja Bro? Trus, program studi (Saintek/Soshum) untuk kedua ujiannya harus sama atau bisa campur Bro?
BelajarBro 23 Jan 8:06 am
Message User Image
Ujian kedua itu opsional kok Bro. Bisa diikuti ataupun nggak. Tapi kalau kamu masih kurang puas dengan nilai ujian pertama, ya boleh aja ikut ujian lagi. Nah, kalau ternyata nilai ujian kedua lebih rendah dari ujian pertama, ya udah, nanti daftarnya pakai nilai ujian pertama aja (tertinggi). Untuk masalah program studi, bisa dicampur bisa enggak kok. Jadi misalnya untuk kedua ujiannya, bisa pilih Saintek-Saintek, Soshum-Soshum, Saintek-Soshum, Soshum-Saintek.
Clarymond Simbolon 23 Jan 8:12 am
Message User Image
Saya dengar, materi yang diujikan juga berubah ya Bro?
BelajarBro 23 Jan 8:13 am
Message User Image
Hmmm, infonya Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) & Tes Kemampuan Dasar (TKD) diganti menjadi Tes Kemampuan Skolastik (TPS) & Tes Kompetensi Akademik (TKA). Tapi tenang, Bro. Mungkin hanya berbeda nama saja, tapi sebenarnya TPS dan TKA tidak jauh berbeda kok seperti TKPA dan TKD. TPS merupakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif kamu, yakni kemampuan penalaran yang dianggap sangat penting buat keberhasilan kamu di sekolah formal nanti. Sedangkan TKA merupakan tes untuk mengukur pengetahuan penguasaan materi yang kamu dapat di sekolah dan diperlukan supaya bisa berhasil di perguruan tinggi, seperti kemampuan analisis dan tesnya enggak murni hanya dari mata pelajaran.
Clarymond Simbolon 23 Jan 8:20 am
Message User Image
Saya juga masih bingung sama soal HOS Bro. Katanya ada diujikan dalam SBMPTN tahun ini Bro. Itu gimana ya Bro?
BelajarBro 23 Jan 8:22 am
Message User Image
HOTS ya Bro, bukan HOS. Soal TKA yang diujikan akan mengandung HOTS (High Order Thinking Skills). Dengan HOTS, siswa dituntut untuk bisa mengasah logika matematika, critical thinking, dan juga problem solving skill. Melalui HOTS, siswa harus bisa menggunakan ilmu yang dimilikinya untuk menganalisis, mengevaluasi, bahkan menciptakan sesuatu. Diharapkan siswa menjadi punya kemampuan berpikir orde tinggi sehingga bisa menyelesaikan masalah yang kompleks, berpikir kritis serta rasional. Siswa tidak sekedar menghafal pelajaran, tetapi juga mampu menganalisa, mensintesa, dan mencipta. Dengan kebiasaan menghadapi soal-soal menantang seperti HOTS, pikiran siswa jadi bisa terpacu lebih berkembang supaya bisa berpikir kritis dan kreatif.


Clarymond Simbolon 23 Jan 8:34 am
Message User Image
Jujur, masih belum ngerti Bro. Hehehe...
Ada contoh soalnya gak Bro?
BelajarBro 23 Jan 8:35 am
Message User Image
Tenang, website belajarbro.id sudah menyediakan contoh soal HOTS kok Bro. Lihat aja di menu "Soal dan Pembahasan", ada banyak soal latihannya.
Clarymond Simbolon 23 Jan 8:44 am
Message User Image
Wah mantapp... Trus pengumuman hasil ujiannya kapan Bro?
BelajarBro 23 Jan 8:45 am
Message User Image
Pengumuman nilai hasil tahap UTBK 2019 maksimal dilakukan 10 hari setelah tanggal ujian berlangsung. Sementara pengumuman kelulusan SBMPTN, atau tahap pendaftaran PTN akan dilakukan pada tanggal 9 Juli 2019.
Clarymond Simbolon 23 Jan 8:50 am
Message User Image
Ooo gitu... Ada jadwal lengkapnya gak Bro?
BelajarBro 23 Jan 8:51 am
Message User Image
Ada Bro, silahkan lihat disini ya. Timeline SBMPTN
Clarymond Simbolon 23 Jan 8:48 am
Message User Image
Kerenn... Makasih ya Bro buat infonya...
BelajarBro 23 Jan 8:50 am
Message User Image
Sipp, sama-sama...