Kuis Sosiologi (Soshum)


  1. Perubahan tata kelola pemerintahan Indonesia dari sentralisasi ke desentralisasi membawa banyak perubahan dalam masyarakat.
    SEBAB
    Pemerintah daerah semakin leluasa merencanakan dan menetapkan program-program pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Ani yang berusia 3 tahun senang bermain menjadi dokter dengan bonekanya, karena meniru ibunya yang berprofesi sebagai dokter.
    SEBAB
    Pada tahap game stage anak mulai belajar mengambil peran orang yang berada di sekitarnya.
  3. Setiap Ramadan warga keturunan Tionghoa di Bojonegoro menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim di sekitar klenteng. Hal ini merupakan wujud nyata dari integrated value.
    SEBAB
    Integrated value adalah nilai yang telah menjadi kepribadian dan kebiasaan dan telah tersosialisasi sejak seseorang masih kecil. Umumnya nilai berisi tuntutan atau mengarahkan seseorang atau kelompok dalam usaha untuk mencapai cita-cita bersama.
  4. Sosialisasi yang dilakukan oleh kelompok biasanya dilakukan dengan kooperatif dan koordinatif.

    SEBAB

    Sosialisasi otoriter yang dilakukan terhadap anak-anak dan orang muda bertujuan untuk membentuk sikap disiplin yang tinggi.

  5. Ciri dari gemeinschaft ditunjukkan oleh ....

    1. hubungan bersifat rasional

    2. kontraktual

    3. komunikasi formal

    4. hubungan bersifat afektif


  6. Kelompok media sosial, seperti facebook, twitter, dan line, merupakan suatu masyarakat ….

  7. Didesak oleh ketiadaan biaya untuk membeli obat ibunya yang sakit, Olga pun terpaksa mencuri. Malang, aksi Olga diketahui, ia pun menjadi bulan-bulanan massa dan digiring ke kantor polisi setempat. Berdasarkan sifatnya, penyimpangan yang dilakukan Olga tergolong dalam penyimpangan ....

  8. Dasar stratifikasi dalam masyarakat feodal adalah ....

    1. prestasi

    2. askripsi

    3. kecerdasan

    4. keturunan

  9. Bagi Karl Marx, keberadaan masyarakat identik dengan sejarah perjuangan kelas sosial. Struktur masyarakat yang terbentuk dilandaskan pada…
  10. Terjadinya perubahan pekerjaan dari buruh tani ke pengusaha pada sentra-sentra Usaha Kecil Mikro (UKM) di suatu desa adalah contoh mobilitas sosial yang memungkinkan terbentuknya …







Skor

/10