Kuis Sosiologi (Soshum)


  1. Didesak oleh ketiadaan biaya untuk membeli obat ibunya yang sakit, Olga pun terpaksa mencuri. Malang, aksi Olga diketahui, ia pun menjadi bulan-bulanan massa dan digiring ke kantor polisi setempat. Berdasarkan sifatnya, penyimpangan yang dilakukan Olga tergolong dalam penyimpangan ....

  2. Menurut Emile Durkheim, integrasi sosial yang sangat kuat dalam kelompok dapat menyebabkan terjadinya bunuh diri tipe ….

  3. Seseorang dapat mengalami perubahan status sosial yang lebih baik daripada sebelumnya karena ….

    1. pendidikan
    2. prestasi
    3. hasil kerja keras
    4. keturunan
  4. Pengangguran di Indonesia tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, tetapi juga oleh faktor lain, seperti pendidikan dan kebijakan pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa gejala sosial bersifat…
  5. Simpati yang muncul dalam proses interaksi sosial bertujuan untuk ....


  6. Tindakan represif terhadap anak di dalam keluarga merupakan pelanggaran terhadap UU Perlindungan Anak. Peristiwa ini menunjukkan pada kondisi sosialisasi represif.
    SEBAB
    Sosialisasi represif tidak mendidik, karena setiap kesalahan langsung mendapatkan hukuman isik dan menimbulkan trauma serta dendam pada anak.
  7. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang anggota dan pengurusnya guru merupakan contoh kelompok sekunder di masyarakat.
    SEBAB
    Kelompok sekunder dapat dicirikan berdasarkan jumlah anggotanya yang banyak, jalinan hubungan antar-anggota renggang dan bersifat impersonal, serta berasas manfaat.
  8. Bacalah teks berikut ini!

    Indonesia sudah lama menerapkan kebijakan desentralisasi kebijakan daerah, termasuk tata cara pengelolaan hutan dan lingkungan hidup. Sayangnya, kebijakan ini justru menimbulkan fenomena tumpang tindih izin pengelolaan lahan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

    Sumber dan teks diolah dengan pengubahan: http://www.mongabay.co.id/2014/11/18/potret-pengelolaan-hutan-di-era-desentralisasi/). 

    Menggunakan analisis perubahan sosial, munculnya kebijakan desentralisasi dapat dilihat dari adanya....

  9. Seringnya publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan pemikiran pendek dan menganggap pasien AIDS tidak berhak hidup. Stigma dan diskriminasi di antara sebagian besar masyarakat akan terus-menerus marak jika tidak diimbangi dengan informasi dan pengetahuan yang memadai. Stigma negatif selalu dijadikan senjata utama untuk mengucilkan para penderita AIDS, hal tersebutlah yang membuat jurang diskriminasi semakin dalam. Banyak penderita AIDS yang akhirnya menarik diri masyarakat karena merasa dikucilkan dan tidak mendapat hak yang sama dengan warga negara lainnya. Tindakan penderita AIDS yang akhirnya menarik diri masyarakat merupakan bentuk...

  10. Dewi menentukan sampel secara acak pada saat proses pengumpulan data agar hasil penelitian dapat digeneralisasi pada tingkat populasi.
    SEBAB
    Penentuan sampel penelitian secara acak memastikan bahwa setiap orang yang berada di dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel.




Skor

/10