Kuis Sosiologi (Soshum)


  1. Tingkat pendidikan merupakan contoh dari suatu variabel.
    SEBAB
    Variabel adalah konsep yang memiliki dua atau lebih nilai.
  2. Dua kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaan, kemudian saling bertemu dan melakukan kontak sosial intensif sehingga terjadi pembaharuan budaya, tetapi tidak menghilangkan budaya aslinya disebut ….

  3. Simpati yang muncul dalam proses interaksi sosial bertujuan untuk ....

  4. Penggusuran pedagang kaki lima yang dilakukan dengan tindak kekerasan oleh petugas Pamong Praja sering berujung konlik.
    SEBAB
    Faktor penyebab munculnya konlik disebabkan penegakan hukum di satu pihak, dan kepentingan ekonomi di lain pihak.
  5. Dewi menentukan sampel secara acak pada saat proses pengumpulan data agar hasil penelitian dapat digeneralisasi pada tingkat populasi.
    SEBAB
    Penentuan sampel penelitian secara acak memastikan bahwa setiap orang yang berada di dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel.

  6. Penelitian awal para sosiolog menyatakan bahwa penyebab banjir karena banyak warga membuang sampah ke sungai maupun mendirikan bangunan di bantaran kali. Kebiasaan ini membuat pendangkalan dasar sungai sehingga tidak mampu menampung lebih banyak air. Dalam penelitian terbaru menyatakan penyebab banjir juga karena sebesar 80 persen waduk saat ini dalam kondisi rusak, terlalu dangkal, atau telah diubah menjadi area perumahan. Pernyataan tersebut menunjukkan sosiologi memiliki ciri...

  7. Setelah masuk dalam Geng Nero, perilaku Arum menjadi garang dan sewenangwenang terhadap siapa pun yang ditemuinya. Fenomena tersebut merupakan bentuk penyimpangan sosial yang disebabkan oleh ....

  8. Adit adalah pribadi yang dibesarkan dalam keluarga yang demokratis, ia bebas mengemukakan pendapatnya tapi harus tetap bertanggung jawab. Dia juga diajarkan oleh orang tuanya untuk menghormati dan menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan dirinya, sehingga Adit tumbuh menjadi anak yang suka bergaul, ramah, dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
    SEBAB
    Andi berada dalam tahap generalizing stage pada tahap ini lawan berinteraksi semakin banyak dan hubungannya semakin kompleks. lndividu mulai berhubungan dengan teman-teman sebaya di luar rumah. Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap mulai dipahami. Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya.
  9. Revolusi adalah salah satu bentuk perubahan sosial yang cepat dan dapat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat.

    SEBAB

    Revolusi yang diikuti kekerasan selain memakan korban sosial yang cukup besar biasanya juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun ketertiban sosial.

  10. Menurut Emile Durkheim, integrasi sosial yang sangat kuat dalam kelompok dapat menyebabkan terjadinya bunuh diri tipe ….





Skor

/10