Kisi-Kisi SKD/TKD CPNS Bagian 1


  1. Bank indonesia, saat RIS namanya apa?

    De Javasche Bank (DJB)


  2. Tahun berapa diadakan kongres bahasa indonesia II

    Kongres Bahasa Indonesia II. Tanggal 28 Oktober hingga 2 November 1954 diselenggarakan Kongres Bahasa Indonesia II di Medan. Kongres ini merupakan perwujudan tekad bangsa Indonesia untuk terus-menerus menyempurnakan bahasa Indonesia yang diangkat sebagai bahasa kebangsaan dan ditetapkan sebagai bahasa negara.


  3. Tahun Manipol USDEK

    Manipol USDEK yang disebut sebagai azimat ketiga tercetus tahun 1959 setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Manipol adalah akronim Manifesto Politik. Sementara USDEK adalah penyingkatan dari UUD 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin dan Kepribadian Indonesia.


  4. Maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945

    Maklumat 3 November 1945 adalah maklumat yang mendorong pembentukan partai-partai politik sebagai bagian dari demokrasi. Dengan maklumat ini, pemerintah berharap supaya partai politik dapat terbentuk sebelum penyelenggaraan pemilu anggota badan perwakilan rakyat pada Januari 1946.


  5. Majalah pertama yang diterbitkan balai pustaka

    Pada tahun 1917 pemerintahan Kolonial Belanda mendirikan Kantoor voor de volkslectuur atau Kantor Bacaan Rakyat yaitu Balai Pustaka. Karya pertama yang diterbitkan pada masa angkatan Balai Pustaka adalah Azab dan Sengsara oleh Merari Siregar (1920).


  6. Negara pemrakarsa PBB

    Menurut catatan sejarah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 dengan dipelopori oleh lima negara, yaitu: Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, dan Republik Rakyat Cina.


  7. 6 anggota tambahan PPKI

    Selanjutnya tanpa sepengetahuan Jepang, keanggotaan bertambah 6 yaitu:
    • Achmad Soebardjo (Penasihat)
    • Sajoeti Melik (anggota)
    • Ki Hadjar Dewantara (anggota)
    • R.A.A. Wiranatakoesoema (anggota)
    • Kasman Singodimedjo (anggota)
    • Iwa Koesoemasoemantri (anggota)

  8. Pancasila adalah the way of life untuk rakyat Indonesia, maksudnya adalah ....

    PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP (WAY OF LIFE) ... Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia berfungsi sebagai norma, pegangan hidup, pedoman hidup dan petunjuk arah bagi semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.


  9. Arti kata memetiki

    memetik berkali-kali atau berulang-ulang

    Contoh : walaupun sudah dilarang, anak-anak itu terus memetiki bunga-bunga kami;


  10. Isi petisi Soetardjo

    Petisi Soetardjo merupakan petisi yang diajukan oleh Soetardjo Kartohadikoesoemo, pada tanggal 15 Juli 1936 terhadap Ratu Wilhelmina dan Staten Generaal (parlemen) di negeri Belanda.

    Petisi tersebut diajukan karena meningkatnya tidak puasnya rakyat terhadap pemerintahan akibat kebijaksanaan politik Gubernur Jenderal de Jonge. Petisi ini ditandatangani juga oleh

    -  I.J. Kasimo,
    -  G.S.S.J. Ratulangi,
    -  Datuk Tumenggung, dan
    -  Ko Kwat Tiong.

    Isi Petisi Sutarjo antara lain permohonan agar dilaksanakan suatu musyawarah antara wakil Indonesia dan Belanda dengan kedudukan dan hak yang sama yang bertujuan menyusun suatu rencana pemberian suatu pemerintahan yang berdiri sendiri (otonom) kepada Indonesia dalam batas Undang-undang Dasar Kerajaan Belanda. Pelaksanaannya pun akan berangsur-angsur dalam waktu sepuluh tahun atau sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh sidang permusyawarahan nanti.










Soal Deret Angka klik disini

Baruuu, yuk diskusi soal bareng2 di Forum Belajarbro